Skip to main content

I Thought I Hate People, but...

Sanur ... but I actually don't! That I realized when I had dinner with H and he asked me, "Do you think she's married? The seller, she looks young but not too young."  So I said, "Uhmm I don't know and I don't care."  He then said again, "Yea I know, but I am curious about people. I am curious about what they're doing in life." That's when it came to my mind, "Wait a minute! I am also curious about people, but not their personal life like marital status, how many kids they have, what religion they believe in. I am curious about what they think about things! Ah that's why I love talking to people, no matter how introvert I am but talking to people still excites me." Then we finished our big nasi goreng together.  Looking back at it, I never really like people randomly talking to me when I was in the zone... Like zoning in and out talking to myself. But actually no, maybe it was only that we didn't sync so I went &qu

Tentang donasi

Dulu pas nge-mol itu pernah didatengi mbak-mbak yang ramahhh banget kemudian menghentikan langkahku menuju toko buku. Nah si mbak tiba-tiba memulai presentasinya :


dia : Siang mbak, bisa minta waktunya sebentar *saya mulai menaruh curiga*

aku : iya mbak, ada apa ya? 

dia : begini mbak, kami dari organisasi xxx, udah pernah denger belom mbak?

aku : ohh iya pernah denger *saya tuh polos, kalau ada obrolan yang menyangkut hal yang saya tau pasti langsung nyambung dan jadi ramah banget malah lebih ramah dari dia*

dia : wah kebetulan banget nih mbak, jadi disini kami mau mempresentasikan nih mbak, mbak pasti tau dong ya keadaan alam kita gimana nih ya sekarang? ada berapa banyak sisa hutan yang kita punya sekarang ini ya. Kan sayang ya mbak, kalau alam kita rusak ini juga kasian anak cucu kita ntar gimana nasibnya blablablabla *ini orang beneran deh gaya presentasinya persuasive banget*

aku : iya mbak tau, kalau saya ndak sayang lingkungan, mana mungkin saya pake tas ini *dasar rempong, sekali topik nyambung, eh ngobrol tiada henti. ceritanya sih sekalian pamer tas non plastik yang barusan beli bulan-bulan kemaren*

dia : nah makanya mbak, disini kami ingin mengajak mbak untuk ikut berperan dalam melestarikan alam. Melalui yayasan kami, mbak cukup menyisakan uang sebesar lima ribu rupiah setiap harinya, dan nanti akan di debet setelah 30 hari sebesar seratus lima puluh ribu. 

 terpaksa gegara lupa ndak bawa slingbag. tapi kece juga kan..

 green is an attitude, if you know what I mean

Jelas kan, tujuan dari presentasinya tuh itu sebenernya. Minta debet 150ribu perbulan yang sistemnya setiap bulan, uang sebesar itu akan di debet dari rekening kita secara otomatis. Bisa debet bisa kartu kredit juga. Nah dia debetnya di awal bulan atau akhir bulan. Tapi kalau rekening kita ndak ada isinya, ya ndak akan terdebet otomatis dan tidak berlaku kelipatan. Ceritanya sih ini katanya bakal ada email konfirmasi, tapi sampai sekarang ya ndak ada tuh email konfirmasi.

Nah karena terhipnotis presentasi mbaknya, akhirnya saya daftar dong. Jadi member. Sebenernya yang bikin saya daftar itu karena ini organisasi besar dan hampir semua orang tau organisasi ini. 

Cerita lah ke temen-temen, eh tiba-tiba dibilang “awas lho tipu-tipu. Ada banyak laporan tipuan yang debetnya lebih dari jumlah yang disepakati”. Mampusssss dah. Daripada dikasih orang tipu-tipu ya mending buat nabung emas lah, biar kata cuman dapet 0,3gram. Untungnya, rekening saya itu nggak satu, dan bukan rekening utama yang saya daftarin. Yawes, langsung saya kosongin deh rekening itu.

Nah minggu kemaren, saya jalan-jalan lagi ke toko buku. Eh tetiba ada mbak-mbak nyamperin. Haduhh emang muka saya nih muka dermawan apa ya?? Kok rajin banget disamperin orang minta sumbangan begini. Karena saya udah pengalaman, akhirnya saya bilang gini “Aduh maaf ya mbak, saya harus tanya suami saya dulu, karena apapun keputusan harus nanya dulu ke suami saya. Saya nggak bisa ambil keputusan sendiri mbak”. Dianya mungkin ngerasa kalo saya ndak bakalan kasih kali ya, tapi nomer saya udah dicatet kok sama mbaknya. Nggak tau deh kalau nanti sms ato telpon ke nomer saya.

Ternyata eh ternyata, pas abis cerita si mas, ini praktek ndak cuma ada di Indonesia aja, tapi di Belanda juga ada praktek seperti ini. Ntah ini sebenernya tipu-tipu apa gimana ya, tapi yang jelas ada mereka pakai teknik payment tiap minggu atau bulanan dengan cara debet langsung atau melalui kartu kredit. Oh Oh Oh


kata si mas hihihihi

Saya bukannya pelit atau nggak mau donasi ya. Tapi untuk donasi macam hal seperti itu, bukankah lebih baik kalau didonasikan secara langsung? Atau yaa minimal kita yang datang ke lembaga/yayasannya. Karena sudah barang tentu lembaga yang kita datangi adalah yang bertanggung jawab, bukan tipu-tipu.


 mending kita tabung duit kita macam recehan itu, dikumpulin dalam satu toples trus kalau udah banyak tinggal sumbangin ke yang membutuhkan. ya nggak?? (gambar pinjem sini)



Yuk ah jangan makin merusak alam. Sayangi lingkungan sayangi masa depan
 

Comments

  1. Gua sih biasa donasi ke Tzu chi atau ke vihara belakang rumah. Sejauh ini yg penting ada niat baik, terserah uangnya mau diapakan. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah terserah ya duitnya mau diapaain
      Cuman syg aja kl niat baeknya ndak trsalurkan semestinya :D

      *serasa donasinya gambling -_-

      Delete
  2. Untung muka gw muka melas, jadi gak pernah ditawarin kaya gitu

    Mending langsung kasihin ke masjid atau panti asuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada untungnya jugak kan pnya muka melas hahaa

      Iya biasanya aku jg gt. tiap bulan uda ada jatah buat dikasi lngsg. Kalo lewat beginian rempong ciiinn

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Tips Membeli Buku

Ada duitnya wkwkw! Ya maksud gw, harga buku di Indonesia bisa dibilang nggak murah terutama buku yang berbahasa asli misalnya Bahasa Inggris. Buku cetakan versi asli biasanya harganya bisa 2 kali harga buku terjemahannya, atau dua-tiga kali harga e-book. Ini e-book yang original ya, bukan yang bajakan. Kayak semacem beli di kindle atau books-nya google itu.  Kadang emang sering pengen beli fisik bukunya tapi kok harganya sampe 300ribu banget, sedangkan hasrat ingin membaca ini tinggi sekali. Nah, kalau skenario yang begini yang terjadi (dan paling sering), gw biasanya cek toko buku bekas dulu. Di Bali ada beberapa toko buku bekas yang reliable , meskipun koleksinya kita nggak akan tau ya karena ya random juga. Satu di Sanur, satu di Ubud.  Ini karena kapan hari gw udah beli bukunya Madeline yang Song of Achilles di Periplus, 200ribuan. Lalu nemuin bekasnya dengan sampul yang gw mau, cuma 25ribu. Jadi gw udah beli yang baru, beberapa hari kemudian gw ke toko buku bekas dan nemu itu. Set

Mendaftar Pelatihan di Prakerja

Sanur Jadi dulu program ini diluncurkan pemerintah untuk kasih insentif orang yang di PHK atau tidak bekerja pas pandemi. Jadi ya gw tentu saja nggak punya hak tho. Sebagai orang yang nggak punya hak, ya gw nggak ikutan lah. Trus temen gw beberapa bulan lalu bilang, ikut aja soalnya ini buat yg kerja yg mau nunjang skill juga lho.  "Hah masa sih?" Yaudah pas liat oh ya bener juga, jadi gw daftar. Daftar pertama di gelombang 20 nggak lolos. Trus ya udah patah hati dah lah gausah daftar. Eh tiba-tiba minggu lalu temen gw lolos gelombang berapa gitu, lalu bilang kalau gelombang 29 udah buka. Yaudah deh ikutan aja. Eh lolos dong. Pembukaan gelombang ini termasuk cepet. Hampir tiap minggu selalu ada gelombang baru yang dibuka. Jadi daftar di gelombangnya itu selama 3 harian, pengumumannya 3 hari kemudian, lalu 3 hari kemudian udah bukaan baru. Bener-bener cepet banget. Nah temen gw yang lagi S2 nggak bisa ikutan padahal dia juga kerja sebagai pengajar. Alasannya KTP sudah terdafta

I Thought I Hate People, but...

Sanur ... but I actually don't! That I realized when I had dinner with H and he asked me, "Do you think she's married? The seller, she looks young but not too young."  So I said, "Uhmm I don't know and I don't care."  He then said again, "Yea I know, but I am curious about people. I am curious about what they're doing in life." That's when it came to my mind, "Wait a minute! I am also curious about people, but not their personal life like marital status, how many kids they have, what religion they believe in. I am curious about what they think about things! Ah that's why I love talking to people, no matter how introvert I am but talking to people still excites me." Then we finished our big nasi goreng together.  Looking back at it, I never really like people randomly talking to me when I was in the zone... Like zoning in and out talking to myself. But actually no, maybe it was only that we didn't sync so I went &qu