Skip to main content

Mendaftar Pelatihan di Prakerja

Sanur Jadi dulu program ini diluncurkan pemerintah untuk kasih insentif orang yang di PHK atau tidak bekerja pas pandemi. Jadi ya gw tentu saja nggak punya hak tho. Sebagai orang yang nggak punya hak, ya gw nggak ikutan lah. Trus temen gw beberapa bulan lalu bilang, ikut aja soalnya ini buat yg kerja yg mau nunjang skill juga lho.  "Hah masa sih?" Yaudah pas liat oh ya bener juga, jadi gw daftar. Daftar pertama di gelombang 20 nggak lolos. Trus ya udah patah hati dah lah gausah daftar. Eh tiba-tiba minggu lalu temen gw lolos gelombang berapa gitu, lalu bilang kalau gelombang 29 udah buka. Yaudah deh ikutan aja. Eh lolos dong. Pembukaan gelombang ini termasuk cepet. Hampir tiap minggu selalu ada gelombang baru yang dibuka. Jadi daftar di gelombangnya itu selama 3 harian, pengumumannya 3 hari kemudian, lalu 3 hari kemudian udah bukaan baru. Bener-bener cepet banget. Nah temen gw yang lagi S2 nggak bisa ikutan padahal dia juga kerja sebagai pengajar. Alasannya KTP sudah terdafta

Punya Rekening Lagi : CIMB on Account

 

Saya cenderung males bawa uang cash. Kenapa? Ribet, nominal rupiah yang gede banget kebanyakan nol, dan seringnya di dompet isinya duaribuan. Pernah lho duaribuan itu ada kali 30lembar. Serasa kaya, kalo duitnya merah haha

Saya lebih suka debet. Lebih praktis kan, tapi nggak bisa dipake beli di toko kelontong. Jatohnya malah lebih mahal sih emang, dipakenya juga kalo nggak ke toko kelontong kan. Tapi... Saya juga sebenernya rada takut akhir-akhir ini. Karena uang di rekening bisa aja tiba-tiba ilang. Ada temen, satu kali gaji ilang. Untung aja dia urusin bener-bener dan bisa balik duitnya. Ada lagi OB juga gitu, duitnya juga ilang mendadak. Takutnya itu kan di hack atau diduplikat kartu ATM nya. Semakin canggih lah pokoknya.

Nah karena banyak kejadian kayak gitu, saya jadi lebih protektif ke kartu mana yang bisa dipake sembarangan dan mana yang nggak boleh. For sure, ini berhubungan dengan berapa banyak jumlah rekening yang dimiliki. Menurut saya sih minimal harus punya 2. Satu buat tabungan, satunya buat life expense. Saya mah maruk punya 4 hahaha. Tapi isinya hampir nggak ada semuanya. Saya itu nyari rekening yang nggak kasih bunga banyak, lebih bagus kalo tanpa bunga, trus nggak ada adminnya juga lebih bagus. Baca-baca blognya om-nya Keenan, jadi pengen bikin CIMB tabunganku. Baca deh untungnya apa, di TF-nya mas Riza. Btw mas, lama nggak TF-an?!

Nah, beberapa minggu setelah bikin rekening disitu, kan bikinnya bareng sama temen ya. Nah temen ini ditelpon ditawarin CC. Nggak pake apa-apa, seminggu kemudian dateng CC nya ke kantor. Ajaib! Di waktu yang bersamaan, saya juga ditelpon, tapi ditawarin asuransi. Lah mau asuransi apa coba, rumah ga punya, mobil juga nggak ada, aset yang paling berharga ya blog ini. Nggak mungkin ilang kan blog ini??? Yasudah akhirnya saya tolak aja deh.

Minggu lalu hari jumat yang indah, tiba-tiba telpon masuk dari nomer tak dikenal.

'Apa benar ini dengan ibu Prisca Aditya Putri?'
 
dalem ati, 'Iya mas bener, ini pasti sales nih mau nawarin apa lagi nih'

Ternyata dia nawarin buat buka rekening CIMB on Account. Apakah itu? Saya bukan sales lho ini, bukan juga di endorse. Ya pengennya sih di endorse hahaha

Saya dengerin masnya ngomong sambil kerja miring-miring, ngetik, mana masih mikir lagi liat tulisan Thailand yang mlungker-mlungker gitu, sama dengerin masnya ngomong panjaaaaaaaaaaaangggg banget sampai akhirnya dia cerita apa untungnya pake itu.

Jadi rekening ini mempunyai fitur bebas biaya admin, termasuk transfer ke beda bank dan ambil duit dari ATM beda bank. Ihhh saya langsung berhenti deh ngetiknya, langsung nyimak masnya deh. Trus masnya juga bilang kalo kita bisa dapet cashback sama gratis kuota internet dari XL. Cashback ini lucu deh, jadi ini rekening harus diatas 1,5 juta ya, dibawah itu kena charge 10ribu. Kalo duit kita diatas 1,5juta, kita otomatis dapet cashback 50ribu. Begitu seterusnya. Nggak begitu perhatiin sih berapa nominalnya, la wong masnya ngomong kayak kereta ngejar Valentino Rossi balapan. Cepeeeetttttt banget. Yawes pokoknya intinya udah dapet.

Diujung pembicaraan, lebih kearah dia yang mendominasi sih ya, dia nawarin mau nggak dibikinin rekening ini. Nggak pake mikir babibu langsung 'OKE MAS. BIKIN'. Nggak tau lah, pikir-pikir lumayan nih nggak pake fee transfer beda bank ya. Gegara sering bangkrut gara-gara frekuensi transfer beda bank sering.

Katanya sih dalam 5 - 10 hari bakal dapet sms, dan sms itu yang harus ditunjukin ke CIMB terdekat untuk mengambil kartu ATMnya. Oke deh oke. Bisa juga nanti di cek di ibanking-nya karena rekeningnya langsung masuk terdaftar di akun banking kita dan otomatis debet 1,5juta dari akun CIMB yang kita punya lainnya.

Pagi ini, pas cek ibanking, tiba-tiba 'LHO?! KOK DUITKU ILANG?????'. Pas di liat lagi, ternyata udah punya dua rekening CIMB. Jumlah duitnya masih sama kok, cuman 1,5jutanya didebet otomatis ke CIMB on account yang baru ini. Untung nggak jadi syok pagi-pagi hahaha

Tapi jangan mengharapkan bunga yang besar lho ya. Kalo saya sih nggak berharap bunga sama sekali. Tapi rekening ini lucu. Saya cek di akun banking saya, disana tertulis interest rate-nya 0,000001%. Serius. 

Jadi rencananya, ini akun mau dijadiin bahan gesekan. Karena saya yang lebih suka cashless kalo belanja di mol ato indomart ato alfamart ato mart mart lainnya, jadi rekening yang ini rencananya diisi buat belanja bulanan. Dikit aja isinya, asal cukup sebulan. Dan kalo di hack pun nggak akan gelo kalo isinya cuman dikit. Dan rekening CIMB yang tabunganku, bisa dijadiin tempat duit tabungan yang bener-bener disimpen dan nggak di gesek-gesekin ke sembarang penggesek. Apa ya gesek-gesek ini.....?????

Oiya, buat yang hobi belanja di Hypermart, ada promo khusus lho dari CIMB kalo belanja debet pake kartu ini. Jadi saya sebagai pelanggan tetap hypermart yang memiliki kartu Hypermart dan kartu CIMB jadi makin seneng kalo belanja dapet diskonnya dobel. Maklum, calon emak-emak uhuk!

Saya nggak bisa menjamin 100% kalo uang kita kesimpen aman di rekening yang nggak pernah kita debet-in kartunya. Tapi setidaknya, hal itu tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan dong ya. For more info, you can click cimbniaga.com

Comments

  1. Jadi, x ≥ 1.500.000 ya mbak, biar dapet cash back. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohhhh ngga pake sama dengan. Coba direvisi dulu ya nanti balik lagi ke saya 😂😂

      Delete
  2. 2 ribuan ada 30 ribuan ahahahha, uda kayak kernet ya saaay
    Tapi aku juga sih bahkan tu duit receh seringnya kucel ampe aku kadang dimarahin, duit itu nda boleh dikuwes2, artinya biar kita menghargai lembaran2 itu hahahaha
    Aku lo pegang kartu malah cenderung belanja boros deh huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip mbak. 500an koin juga banyak bgt. Udah mirip pengamen aja dah

      Mbak, tenang aja, sbg wanita, aku kalo pegang kartu juga boros 😂😂
      Tp itu kartu debet semua sih, nggak brani pake kartu kredit haha

      Delete
  3. Coba pake. Jenius... Lebih keren dri cimb... Cobain deh... Download aplikasinya dulu di play store.. Truuusss daftar deh... Pas daftar jangan lupa pake hastag $diway biar kamu bisa dapet saldo 50000 gratiss..

    ReplyDelete
  4. Mba mau nanya donk.. waktu di telpon telemarketing cimb niaga nawarin rekening on account itu apakah ditanya nama ibu kandung dan jika setuju pencet angka 1 dari HP anda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Iya ditanya nama ibu sih, cm kalo pencet2 aku udah lupa. Tadinya aku curiga sih, tp ternyata dalam hitungan hari akun udah baru masuk ke akun internet banking kita tru ambil ATM nya di cabang terdekat.

      Pokokny kalo ditanyain pin itu yg ga boleh, dan jgn mau sebutin

      Delete
  5. Sampai sekarang aman nggak kak pakai cimb on account? Aku takut ada dampak kebelakang, uang kita hilang mungkin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai saat ini sih saya nggak ada komplain mba :)

      Delete
  6. Itu cashback 50rb dapet terus tiap bulan atau hanya sekali saja ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Mendaftar Pelatihan di Prakerja

Sanur Jadi dulu program ini diluncurkan pemerintah untuk kasih insentif orang yang di PHK atau tidak bekerja pas pandemi. Jadi ya gw tentu saja nggak punya hak tho. Sebagai orang yang nggak punya hak, ya gw nggak ikutan lah. Trus temen gw beberapa bulan lalu bilang, ikut aja soalnya ini buat yg kerja yg mau nunjang skill juga lho.  "Hah masa sih?" Yaudah pas liat oh ya bener juga, jadi gw daftar. Daftar pertama di gelombang 20 nggak lolos. Trus ya udah patah hati dah lah gausah daftar. Eh tiba-tiba minggu lalu temen gw lolos gelombang berapa gitu, lalu bilang kalau gelombang 29 udah buka. Yaudah deh ikutan aja. Eh lolos dong. Pembukaan gelombang ini termasuk cepet. Hampir tiap minggu selalu ada gelombang baru yang dibuka. Jadi daftar di gelombangnya itu selama 3 harian, pengumumannya 3 hari kemudian, lalu 3 hari kemudian udah bukaan baru. Bener-bener cepet banget. Nah temen gw yang lagi S2 nggak bisa ikutan padahal dia juga kerja sebagai pengajar. Alasannya KTP sudah terdafta

Soal ujian TOPIK vs EPS TOPIK

Setelah membahas perbedaan TOPIK dan EPS TOPIK , kali ini saya akan menulis materi tentang apa saja yg diujikan *agak sedikit detail ya*. Pengalaman mengikuti dan 'membimbing' untuk kedua ujian tersebut, jadi sedikit banyak mengetahui detail soal yg diujikan. Dimulai dari EPS TOPIK. Jika anda adalah warga yg ingin menjadi TKI/TKW di Korea, lulus ujian ini adalah wajib hukumnya. Kebanyakan dari mereka ingin cara singkat karena ingin segera berangkat sehingga menggunakan cara ilegal. Bahkan ada yg lulus tanpa ujian. Bisa saja, tapi di Korea dia mlongo. Untuk soal EPS TOPIK, soal-soal yg keluar adalah materi tentang perpabrikan dan perusahaan semacem palu, obeng, cangkul, cara memupuk, cara memerah susu sapi, cara mengurus asuransi, cara melaporkan majikan yg nggak bener, cara membaca slip gaji, sampai soal kecelakaan kerja. Intinya tentang bagaimana mengetahui hak dan kewajiban bekerja di Korea termasuk printilan yang berhubungan dengan pekerjaan. Karena yang melalui jalur ini

[Book] Dunia Cecilia

'apakah kalian membicarakan hal semacam itu di surga?' 'tapi kami berusaha tidak membicarakannya dekat-dekat Tuhan. ia sangat sensitif terhadap kritik' Yap, sepenggal dialog antara Cecilia dan malaikat Ariel. Saya mengenal Jostein Gaarder sejak kuliah. Ehhhh 'mengenal' dalam artian kenal bukunya ya, kalo bisa kenal pribadi mah bisa seneng jingkrak-jingkrak hehehe. Jadi karena teman saya mendapat tugas kuliah membaca satu novel filsafat berjudul Dunia Sophie, saya jadi sedikit mengetahui si bapak Gaarder ini. Enak ya tugasnya anak sastra baca novel, tugas anak matematika ya baca sih, tapi pembuktian kalkulus -_- Dunia Cecilia ini buku pertama Jostein Gaarder yang saya baca, karena buku Dunia Shopie sangatlah berat berdasar review teman saya. Saya sih nggak perlu baca buku itu karena teman saya sudah benar-benar mahir bercerita. Jadilah saya sudah paham bener cerita Dunia Sophie tanpa membacanya. Novel ini atas rekomendasi teman saya, dia bilang kala