Skip to main content

The Reward of Teaching

Buku belajar Bahasa Indonesia dalam berbagai bahasa. I've become a teacher since semester 9. That being said, my teaching journey started in 2013. Took hiatus for 2 something years then I came back to these exam sheets, students, books, and social interactions. Didn't even want to become one but I fell in love right after I jumped in.  I guess I need to ask to apologize to my dad. I was mad at him a long time ago because he asked me to be one lol. Well, maybe I just didn't like the idea of being a teacher in a class where your students don't even care about you telling stuff in front of the class. That actually made me realize that I prefer to teach whoever wants to learn. Although sometimes I just need to teach without knowing what's their reasons to learn, and that is also fine. I do what I had to do. That is why I hate grading because I don't mind giving them a perfect score but what's the point if they know nothing after the course ended? I never teach a

Menjual ANTM Setelah Satu Tahun

Rove City Center - Deira

ANTM atau yang dikenal dengan nama Aneka Tambang Tbk adalah perusahaan kedua yang gw beli setelah BBRI. Waktu gw beli ANTM, ini perkara sentimentil aja. Masih newbie dan pengen beli sesuatu yg gw kenal. “Kan gw punya emas murni, bisa lah ya beli ANTM.”

If only I knew 😅

Gw beli di harga 1030 pada bulan Agustus 2019. Kemudian beberapa di harga 1000 bahkan 990 karena waktu itu gw kira “Eh lagi turun nih, beli ah." Ternyata setelah beberapa bulan, performanya menurun terus. Tadinya gw dapet harga 990 itu seneng banget, tapi kok ternyata itu masih turun lagi esoknya. 

Gw sempet heran ini kok ANTM ngos-ngosan banget ya? Kan emas murni harganya lagi naik, kok dia sahamnya malah anjlog?

Jujur gw nggak tau hubungannya apa, mungkin nggak ada hubungannya, nggak mau berspekulasi juga. Karena siapa yang tau sih alasan sebenernya naik turunnya pasar saham. Gw nggak peduli juga. Tapi beberapa bulan kemudian gw iseng cek chart ANTM 2-5 taun ke belakang.

Ya tuhan ku terkejut! 


Bisa dibilang gw beli di saat puncak-puncaknya harga ANTM. Kemudian sejak September 2019 hingga Februari 2020, ditambah kondisi pandemi semakin merosot ke angka 350+. Minus 65% itu hal biasa. Setelah mengetahui bentuk model seperti ini, gw bertekad "Ok, kalau dia udah di angka 1000, gw jual semua!"

Karena gw liat model trennya bergerak naik turun setelah 4-6 bulan yang terjadi selama 2 tahun terakhir, meskipun ini sebenernya "ngawur" juga asumsi gw, karena gw nggak tau penyebab naik turunnya ini kenapa juga dan kenapa modelnya begitu. Setelah bulan Maret, gw berujar "Sebentar lagi trennya bakalan naik ini. Kalau udah 1000 gw jual. Tunggu aja lah 4-6 bulan kedepan."

Gw bukan dukun tapi kalau liat tren macam gitu, gw cenderung percaya karena tren ini nggak naik turun dalam waktu singkat atau se-fluktuatif itu. Kalau saham gorengan, gw nggak percaya lah jelas. Tapi karena saham ini saham yang bagus, periode tren naik turunnya terjadi dalam beberapa bulan dan nggak ngawur dari 1000 hari ini 300 besoknya. Tapi pelan-pelan dan teratur.

Gw minta temen gw ingetin gw kalau harganya udah di atas 1000. Lalu gw lupa karena ribet urusan perjalanan ketemu suami. Setibanya gw di Indonesia bulan Oktober, temen gw nanya "Gimana kabarnya emas kamu?" Gw cek aja harganya dan kaget dong. Harganya udah diatas 1000. Nggak pake babibu, besoknya langsung gw jual semua dan dapet di harga 1100. Agak untung dikit sih, ada kali untung 10%an. Langsung gw pindah ke MYOR dan SIDO. 

Tentu saja gw nggak tau kenapa atau faktor apa yang mempengaruhinya. Kalau pergerakannya memiliki tren seperti ini, bisa jadi di masa depan gw beli ANTM saat trennya menurun dan menjualnya ketika trennya naik. This is no brainer. Nggak rugi juga kalau dibikin seperti itu. Tapi ya harus dipantau berkala karena mengejar "untung" dalam periode singkat. Bukan yang beli, lupakan, jual saat tua nanti lol.

Jadi gimana, ada yang punya ANTM? Udah dijual apa masih dikoleksi? 😋

Comments

  1. Untung aja fluktuasinya cenderung teratur ya mba prisca, ga yang jleb jleb banget pas naik atau turunnya.

    Dan pas ga dipantau malah e tau tau uda nembus lebih dari 1000 jadi saatnya sell deh hihi..cukup dag dig dug juga kalau memantau pergerakan harga saham gini...tapi ya kalau emas emang agak m3mbingungkan ketika trennya turun ya...ya mungkin salah satu efek pandemik juga bisa merangsek ke emas, tapi ai don't know ugaaa hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fluktuasinya bisa diprediksi gini ya cepet kaya kita hahahahhahaah

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

The Reward of Teaching

Buku belajar Bahasa Indonesia dalam berbagai bahasa. I've become a teacher since semester 9. That being said, my teaching journey started in 2013. Took hiatus for 2 something years then I came back to these exam sheets, students, books, and social interactions. Didn't even want to become one but I fell in love right after I jumped in.  I guess I need to ask to apologize to my dad. I was mad at him a long time ago because he asked me to be one lol. Well, maybe I just didn't like the idea of being a teacher in a class where your students don't even care about you telling stuff in front of the class. That actually made me realize that I prefer to teach whoever wants to learn. Although sometimes I just need to teach without knowing what's their reasons to learn, and that is also fine. I do what I had to do. That is why I hate grading because I don't mind giving them a perfect score but what's the point if they know nothing after the course ended? I never teach a

Dapet Visa UAE (Dubai) Gampang Banget

Dubai creek Beberapa waktu yang lalu, kita pusing berat karena H dapet libur kali ini cuman 10 hari. 10 hari dari yang biasanya 14 hari. Akhrinya diputuskan untuk tetap mengambil libur tapi nggak ke Indonesia.  Ternyata, beberapa hari kemudian, dia bilang, kalau liburnya malah jadi 7-8 hari aja. Mau ga mau saya yang harus kesana. Maksudnya terbang mendekatinya. Udah milih-milih negara mana yang harganya rasional, yang ga banyak makan waktu buat terbangnya H, dan tentunya ga ribet urus visa buat pemegang paspor hijau yang ga sesakti paspornya H.  Btw warna paspor Indonesia jadi biru ya sekarang?? Pilihan jatuh ke Dubai. Pemegang paspor hijau harus bikin visa, ya pusing lagi deh cara bikin visa Dubai nih gimana. Apa iya sesusah bikin visa schengen, visa US, visa lainnya. dari persyaratan sih standar ya, termasuk  record  bank account selama 3 bulan. Emang nggak pernah bikin visa Dubai sebelumnya ya, apalagi H yang paspornya super sakti kemana-mana (hampir) ga perlu visa, dia ga pernah ad

Catatan Kuliah (6) : Masuk bareng, keluar bareng (?)

Sanur Sebagai mahasiswa yang masih belum mengenal kerasnya kehidupan kala itu, kita berikrar "Kita masuk bareng kita juga harus keluar bareng." Naif? Iya tentu. Maklumin aja namanya juga mahasiswa baru kan. Maunya yang  flawless  terus. Tapi apa salahnya sih berdoa baik kali aja malaikat mengamini lol.  Ternyata, kenyataannya, tentu saja tidak. Iya kalau semua  setting  nya  default  semua mahasiswa tidak ada kesulitan yang berarti, dosen nggak resek, mahasiswa juga nggak resek, data nggak resek, pasti lulus bareng kita. Kehidupan perkuliahan keras di akhir hahaha Gw dari awal masuk kampus ngerasa kalo gw nggak akan lulus tepat waktu. Aneh ya, harusnya orang mikir lulus tepat waktu tapi gw udah ada feeling. Dan gw berusaha keras buat nggak terlalu jatuh dalam angka. Ya maksudnyaaaa karena gw anak minor komputasi jadi gw udah bisa tebak lah data yang gw pake pasti agak makan waktu. Jadi  range  kelulusan adalah 7 semester, 8 semester, 9 semester, diatas 9 semester. Temen gw ya