Analisis emas

9:33 PM

Saya pernah menulis tentang tabungan emas disini. Sudah saya jelaskan juga cara menabung emas di pegadaian. Well kalau mau tanya lebih lanjut bisa kok. Nah setelah 3 bulan nabung emas, ada perubahan harga yang cukup terasa. Saya mulai menabung bulan maret. Waktu itu saya beli harganya 532ribu pergramnya. Dengan buyback sekitar 515ribu. Naek turun di kisaran seribu dua ribu. Satu bulan kemudian harganya naik sekitar 535ribu, masih dikisaran 530an lah, dengan buyback yang stabil. Entah kenapa setelah 2 bulan harganya tiba-tiba jadi 557ribu pergram dengan buyback 535ribu pergram. Harga buyback tiba-tiba seperti harga emas pas saya beli pertama kali pergramnya. Naiknya langsung melonjak. Ya ngeri juga sih, sempet nunggu beberapa saat sampai turun jadi 554ribu pergram dan kita beli pas segitu.

Saya jadi mikir, dalam jangka 2 bulan aja kita uda bisa balik modal. Ya bukan tiba2 pengen jual emas juga, tapi unik aja. Harga emas juga naik turun dikisaran 3-5ribu. Jadi unik aja, ngeri karena harus beli emas dengan harga agak mahalan, tapi ya nggak papa juga krn toh ntar kalo dijual juga harganya naik. Gimana-gimana harga emas jarang terjun bebas kecuali pas taun berapa itu ya dulu. Tapi abis itu rajin naik harganya.

Jadi kerjaan saya sekarang memantau harga emas setelah gajian. Yaa nyari tanggal berapa yg pas buat berangkat nabung. Rajin banget buka websitenya demi nyari harga yang murah. Analisa sederhananya gini, kalau emas berubah harga dalam jangka 2 bulan, saya harus nabung lebih gede sekarang *ini bukan analisa maaf, ini hanya apa yg harus saya lakuin ya haha*.

Lucunya tiap abis nabung emas sekarang, besoknya turun, ngenesbya berhari hari sampe depresi pengen jual emas yg udah dibeli. Tapi yaaa plis deh ya, siapa juga yg mau beli emas 0,1gram hahaha.

Yaudah deh mulai sekarang harus spare lebih banyak duit buat investasi. Dikit-dikit lama-lama jadi bukit. Semoga deh konsisten. Ini belajar konsisten setiap bulan kawan. Bukan dari berapa banyak jumlahnya, tapi dari seberapa konsisten kita buat nabung dan disiplin.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kalo emas bule harganya berapa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emas bule harganya mahal banget, muahaaaalll bgt buat bikin status halal hahahaha

      Hapus

Let me know what you think about mine ~ Share it here