Skip to main content

If Money Wasn't The Problem, What Would You Do?

In this extraordinary life, I would be a teacher still.  Helping people to understand even some little things to make them feel worthy and understand themselves better. It seems that teaching has become a calling for me. Not about teaching such specific subject like mathematics or so, but more like... I like to give new perspectives for people, and having them saying "Oh.... I see..." is satisfying for me. Of course, by teaching I can learn so many new perspectives from different people too. It's like the more I teach the more I learn, and that is so true. Maybe more like a guide. I like giving guidance to people who needs it. No, I don't like giving unsolicited guiding. I like to guide people who wants to be guided. I'd teach them how to love, love themselves first. Yea sure when we are talking about things, they would say "do useful things like engineering, plumbing, this and that" but they tend to forget that we need some balance in life. Not saying t

Strolling around Oldtown : Tbilisi

Ceritanya, di Tbilisi ada tulisan I 💜 Tbilisi, tapi kita nggak foto disana karena itu udah terlalu mainstream. 

 

Mendarat di Tbilisi, jalur customnya lancar jaya nggak seperti di Istanbul. Yang dateng cuman dikit, dan situasi sekitar bandara mirip banget sama countryside ala-ala Texas gitu (kaya pernah ke Texas aja haha). Kita nginep di hotel yang lokasinya pas banget di tengah, jadi mau kemana-mana asik. Bisa jalan, deket pula.

 
hotel kita nginep

Sore harinya kita langsung stroll muter-muter cari makan dulu karena eh karena paginya nggak sarapan bener, siangnya cuman dapet sandwich di pesawat (nggak doyan-doyan banget), dan sampai di Tbilisi udah kelaperan. Tau kan kalo singa lagi laper kayak gimana? Ya gitu itu gw kalo laper.

....oke skip soal makan...

Setelah makan masih sore nih, jam 8 barusan gelap, jalanlah kita melewati jembatan yang katanya baru dibangun sebagai penanda 'merdeka'nya Georgia dari Soviet (atau dari Rusia ya, lupa deh). Lewati taman-taman, ada pula Europe Square, semacem alun-alun yang dikasi bendera negara-negara Eropa disana. Dengan harapan, Georgia bisa dijadiin bagian dari Eropa uhuuu. Turki pun juga pengen jadi bagian Eropa.

 
metekhi church

Meluncurlah kita ke Metekhi Church. Eh iya, sewaktu di Istanbul kan keliling masjid, keluar masuk masjid deh ya, nah di Tbilisi ini kita keluar masuk gereja. Ya meskipun nggak semua gereja saya masukin sih karena pake celana terlalu ketat, ato kalo ga gitu bajunya ga sesuai, atau kalau nggak gitu dalemnya terlalu gelap dan saya males kalo masuk gelap-gelapan gitu. Percuma ambil foto juga nggak bisa, ngeliat juga mata rabun.

 

  
Istanbul punya jagung bakar + kestane, Tbilisi punya jus pome + jeruk yang HJ suka tapi gw ga suka

 
Kachapuri, yang ini enak, termasuk yang sup
 
Nah sekitar hotel kita juga ada yang namanya kastil tertua disana. Hemm naik naik ke puncak gunung gitu. Dulu saya ngerasa kek keren banget sih jalanan antar gangnya naek naek gitu, tapi udah ngerasain sendiri sembari bilang 'ya tuhan kenapa sih orang-orang pada nggak bisa apa ya bikin jalan lurus mulus aja. Capek lho'. Tapi sehat mungkin ya, work out banget. Diatas juga ada cable car yang sekali naek 2,5 lari, kalo PP ya 5 lari.

  

mbak jangan lompat ya... hidupmu masih panjang

Diatas juga bisa liat Patung mother of Georgia. Bagus pas sunset. Oiya di sana juga ada banyak pengemis. Kalo cerita partner sih, pengemis-pengemis itu dulunya juga punya simpenan di bank untuk pensiunnya, tapi berhubung waktu itu Soviet pecah taun 1991 akhirnya masa depan mereka juga rusak. Duit simpenan mereka jadi nggak berarti lagi. Akhirnya mereka ngemis dijalanan deh. Makanya guys jangan perang deh, biaya perang itu lho gede. Tapi kalo kata orang yang ada disana, tinggal disana, itu semua cuman mafia. Sama kek di Indonesia.

 


 


Ada hal lain yang bikin geleng-geleng kepala deh, jalan disana menggunakan sisi kanan. Nggak ada yang aneh sih sampai saya menyadari bahwa letak setir mobil ada yang dikanan dan ada juga yang dikiri. Dengan posisi jalan kanan tapi setir kiri, bisa dibayangkan tho normalnya? Tapi dengan posisi jalan kanan dan setir kanan, bayangin aja gimana ga berdoa terus biar cepet sampe tujuan dengan selamat. Serem lho!

 
mobilnya masih banyak yang ala 80an, jadi krasa masuk kota di masa lalu

 
banyak penjual buku-buku bekas atau buku tua dalam bahasa RUSIA. Kalo bahasa inggris ya kemungkinan udah beli banyak gw

ini lorong antara gereja satu dengan gereja lainnya

 
balkonnya lucu ya

kafe ini selalu muter charlie caplin dan kita liatinnya dari balkon kamar hotel diatas kafe ini

 
satu-satunya masjid disekitar Rustaveli, hotel


 
ini apa hayooo???

tempat ibadahnya jews

 

we both enjoyed Tbilisi 💜

Comments

  1. Waaaw saya selalu takjub melihat pemandangan di luar negeri yang sepertinya sangat jauh berbeda dengan Indonesia. Semoga suatu saat saya bisa nyusul mbak kesana ya hehe :D

    Itu makanan yang namanya Kachapuri di dalamnya ada kuah sup gitu ya mbak? Sepertinya saya pernah lihat di film hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. pasti bisa.. jadi dokter aja disana hehehe

      Ehh itu salah tulis yak, harusnya xinxali (ato khinkali ya nulisnya lupa), yg kachapuri itu sup. Yaa meskipun yg ini jg dalemnya berair juga sih haha tp enak 🤤 Cuman masih enakan somay 😂

      Delete
  2. Waahhh Georgiaaa...

    Dari dulu pengen banget ke negara-negara macem Georgia, Armenia, Iran, Azerbaijan, tapi jauhh. Eh kita orang Indonesia pake visa gak sih ke Georgia? Btw kemaren secara gak sengaja gw liat pengumuman katanya orang Indonesia sekarang bebas visa ke Serbia. Liat aja di situs kemlu-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak betul sekali! Ini effort skali terbangnya kakak. Jauhhh. 7 jam ke dubai, masih sambung 4 jam ke istanbul, trus dua jam ke georgia haha.

      Georgia pake e-visa mas, yg approved dlm waktu 5 hari teng! Aku pngn ke iran tp visanya skrg ada prubahan katanya :(

      Mo ke serbia kakak? Pngnnya aih bebas visanya ke eropah kaka 😂

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Menjadi dotcom

Few days ago, I wrote what I want to do on early 2017. And one thing has been done today. What is that? Tarararaaaaaaa.... silverestrella.com As I promised myself, now this blog has been upgraded to dotcom. I found a domain hosting through Mas Adhi . He wrote that when I was looking for hosting for my blog. So thank you so much, you came on right time hahaha Dibilang alay ya udahlah nggak apa-apa, yang jelas seneng akhirnya bisa upgrade jadi dotcom yeyeyeyeee

Jumat ceria

Hari ini memang bukan hari jumat, tapi cuman mau bilang aja sih kalo hari yang paling aku tunggu-tunggu itu hari jumat. Why?   Karena jumat itu selalu ceria, kalopun ada meeting besar pasti di hari jumat dan banyak cemilan, orang-orang pada berangkat sholat jumat, yang nasrani juga mengikuti misa di kantor, bisa pake baju bebas dan bebas berekspresi sepuas-puasnya, dan..... bisa video call sepuasnyaaaaaa kapanpun karena dia libur kerja 😍😍 gambarnya lucu 😁  taken from internet

Gojek ke bandara juanda

While waiting, jadi mending berbagi sedikit soal gojek. Karena saya adalah pengguna setia gojek, saya pengen cobain ke bandara pake gojek. Awalnya saya kira tidak bisa *itu emang sayanya aja sih yang menduga nggak bisa*, trus tanya temen katanya bisa karena dia sering ke bandara pakai motornya. Nah berarti gojek bisa dong?? Sebelum-sebelumnya kalo naek gojek selalu bayar cash, tapi kali ini pengen cobain top up go pay. Minimum top up 10ribu. Jadi saya cobain deh 30ribu dulu. Eh ternyata lagi ada promo 50% off kalo pake go pay. Haiyaaaaa kenapa ga dari dulu aja ngisi go pay hahaha. Dari kantor ke bandara juanda sekitar 8km. Kantor saya sih daerah rungkut industri. Penasarannn banget ini abang mau lewat mana ya. Tertera di layar 22ribu, tapi karena pakai go pay diskon 50% jadinya tinggal 11ribu. Bayangin tuhh... pake bis damri aja 30ribu hahaha. 11ribu udah nyampe bandara. Biasanya 15ribu ke royal plaza dari kantor haha. Lagi untung. Bagus deh. Nah sepanjang perjalanan, saya mikir ter