Skip to main content

Romanticizing My Cooking

Bakso I have to admit that my love for cooking is growing. It's growing and I can't believe it myself. This feeling has been like this since probably two years ago. Before, cooking felt like a hard work that I had to fulfill. It still is, but the difference is I enjoy it now. So it does not feel like I am forcing myself.  Back then whenever I cooked, it's either wrong recipe or incorrect measurement. It never tasted right. So I gave up cooking just because I never found the right one. And then I started to feel that I wanna eat better. I don't want to just eat whatever, I want to know what goes into my body. If I prepare it myself, then I know it's good one.  I don't eat too much sugar, sometimes it is hard to buy one thing outside and has a lot of sugar in it. So cooking it myself will allow me to control the amount of sugar. So I found recipes and I tried to make them. As to my surprise, they taste right! Exactly how they should have tasted. That made me happy

Sudah Vaksin Covid Lengkap

Sei sapi yang kucintai

Yes, it's my biggest flex this year. 

Setelah vaksin pertama akhir Mei kemarin, akhirnya gw udah dapet suntikan kedua tanggal 21 Agustus 2021. Cantik kan tanggalnya? 

Masih di RS yang sama, Surya Husadha, kali ini gw berangkat pagi. Yaa... 15 menit lebih pagi daripada vaksin pertama 😬 Karena gw ketiduran, seperti biasa. Hari itu hari sabtu, memang sengaja milih akhir pekan waktu vaksin pertama. Kita nggak tau efeknya bakalan gimana kan. 

Vaksin pertama gw bisa bilang hampir ga ada efek apapun sih. Cuma ke UGD aja hari ketiga karena asam lambung naik banget. Setelah gw inget-inget, gw emang nggak banyak makan setelah vaksin malah gegoleran dan kata dokternya "Kalau abis vaksin tuh makan mbak yang banyak, protein yang banyak, jangan malah ga makan. Jadinya asam lambung naik kan?"

Yasudah abis disuntik ranitidin, sejam juga gw udah mendingan. 

Jadi gw bertekad "Ok setelah vaksin kedua, gw harus makan yang banyak!!!" Setelah gw datang di RS, gw nunggu 10 menit baru boleh masuk ruangan vaksin. Setelah 10 menit gw udah dipanggil nomer vaksin gw. Nggak sampai 5 menit udah kelar suntik. Lalu tunggu lagi untuk liat efek sampingnya 15 menit sembari nunggu surat vaksinnya. 

Kok bisa cepet banget? Karena saat itu hanya melayani suntikan kedua saja. Suntikan pertama sedang kosong stoknya. Sedih sih, tapi gw juga beruntung banget bisa dapet vaksin di masa krusial ini. Ya intinya begitu ya. 

Setelah gw vaksin, gw jadi chirpy jumpy banget keluar RS rasanya kayak abis menang lotre aja. SENENG BANGET!!! Banget!! Akhirnya gw jadi orang berguna juga buat sekeliling gw dan negara gw 😂 Nah... setelah keluar RS nih gw putusin buat cek mata gw sekalian. Wow dari minus 1.5 jadi minus 3 dong! Kesel gw, akhirnya terpaksa ganti lensa lagi. Ini karena gw 5 tahun ga cek mata gw sih, jadi ya wajar udahlah pasti ketauan nambahnya. 


Nah sampai rumah, karena tekad gw kuat tentang makan banyak, gw pesen sei sapi 2 porsi. Nggak ding, satunya sei ayam, tapi ternyata enakan sei sapi daripada ayam. Gw makan dong 2 porsi langsung. 2 jam kemudian gw ketiduran. Kayaknya sih emang gw kekenyangan aja, bukan efek vaksin. 

Sorenya gw jalan kaki rutin muterin taman, seperti biasa dan gw jalan 6KM. Menggila, kata temen gw "ELU JANGAN FORSIR DIRI LU GITU ABIS VAKSIN. UDAH KURANGIN DULU KEGIATAN FISIKNYA" Nah anehnya, otak gw tuh maksain buat aktif fisik dll tapi... setelah gw kerjain itu semua gw jadi lemes banget. Lemesnya kek banget gitu. 

Nggak ada demam dll, agak meriang dikit tapi suhu normal 36 aja. Lalu esoknya, nah ini mulai kerasa. Efek temen-temen gw muncul setelah 5 jam. Gw selalu muncul di hari kedua dari kedua suntikan ini. Besoknya gw LAPER banget. Bener-bener lapernya ugh gw nggak pernah lho selaper itu, seberingas itu. Gw nih doyan makan, tapi bukan karena gw laper. Doyan makan ya karena gw doyan aja. Tapi 2 hari itu setelah vaksin bener-bener piring belum dibersihin udah krucuk-krucuk perut gw. Macem semua makanan itu cuma lewat aja nggak sempet diproses. Udahlah makan besar ada 5 kali, sisanya ngemil. Capek ngunyah gw beneran 😂

Selain itu makin krasa lemesnya. Masih bisa kerja normal, tapi gw nggak sanggup hadapin manusia atau diskusi dengan manusia. Jadi gw terpaksa batalin semua kelas gw selama 2 hari itu. Nggak mampu gw. Udah kerja tiap 30 menit harus istirahat, lemesnya 2 jam. 

Hari ke-4 setelah vaksin, gw udah normal lagi. Udah nggak laperan lagi. Udah gitu kenapa sih orang-orang nggak percaya kalo gw laperan gara-gara gw emang doyan makan 😓 "Hey that's not the side effect of vaccine!" Ya lu aja yang baru suntikan pertama dan lu dapetnya demam, bukan laper!

Gw bersyukur sih efek samping vaksin gw nggak begitu nyusahin banget. Sekarang tinggal nunggu vaksinnya bekerja sempurna lalu gw pengen mudik. Astaga udah 2 tahun gak pulang, kangen banget sama makanan di Jawa.

Jadi gimana, kalian udah vaksin belom? Ayolah yang ogah vaksin buru-buru berangkat. Kita baru 16% sekian yang divaksin. Semoga yang udah antusias vaksin tapi belum dapet jatah, semoga dipermudah ya aksesnya. Gw bantu doa! 

Ayo akhiri pandemi bangsat ini! Kita pasti bisa! 👊

Comments

  1. langsung balas fendemnya ke sei sapi ya hihihi....

    aku jugaaaak abis vaksin berasa kek menang lotere...tadinya takut banget dong...aku takut ditunceb jarum panjang dan tajam...eh ternyata cuma makcruk bentar banget ga kerasa pula hahahah...abis itu iya sama rasanya pegel pegel ngantuk lelah banget...besokannya agak ga enak badan dikit tapi ga yang demam tinggi sih...setelahnya uda segeran

    btw jadi penasaran dengan sei sapi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaga ngomongin sei sapi kok jadi pengen ya sekarang hahaha. Enak bgt pake sambal matah soale yaa gusti pengen bgt.

      Selamat ya mbae udah mengalahkan rasa takut akan jarum dan sudah vaksin!!! yeayy

      Delete
  2. Yeah sudah vaksin,, efeknya agak mendingan tuh mbak nafsu makannya nmbah saya baru vaksin pertama aja udah keram setengah badan huftt....
    Klo menurut aku sih mbak tanpa vaksin bangsa ini bisa sembuh kok,, tp yah mau diapa lagi semuanya udah dijadiin bisnis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada yg kram setengah badan juga. kayaknay kalo banyak gerak jadinya ga gitu keram ya. mungkin sih tapi wkwkkw. yg penting nggak ada gejala ekstra lainnya. Selamat yaaa sudah vaksin 💃🏻

      Delete
  3. Alhamdulillah gue udah vaksi ke dua jua, tapi kena juga sih covid beberapa waktu lalu wkwk. Tapi paling untungnya engga parah banget mungkin gara-gara udah divaksi juga.

    Jadi walau udah divaksi ke 2 buat teman-teman tetap patuhi protokol kesehatan ya.

    Btw, efek vaksin beda-beda ya. Gue vaksi pertama tetiba ingusan engga ada minum es banyak padahal wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran ingusan? HAHA lucu ya tetiba ingusan gitu. Tapi emg efek vaksin tergantung ketahanan tubuh masing2 sih ya.

      Terima kasih sudah vaksin! Vaksin emang bikin ringan gejala. Semoga sehat2 terus yaaa

      Delete
    2. Serius gue juga kaget, tetiba meluncur air dari idung cair, mana asin...

      Aamiin. Semoga keta semua selalu sehat.

      Delete
  4. Saya hingga sampai saat ini masih takut vaksin karena Ade mengidap penyakit bawaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ya yang ada sakit bawaan masih belum bisa ya. Sehat-sehat selalu yaa 😊

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Romanticizing My Cooking

Bakso I have to admit that my love for cooking is growing. It's growing and I can't believe it myself. This feeling has been like this since probably two years ago. Before, cooking felt like a hard work that I had to fulfill. It still is, but the difference is I enjoy it now. So it does not feel like I am forcing myself.  Back then whenever I cooked, it's either wrong recipe or incorrect measurement. It never tasted right. So I gave up cooking just because I never found the right one. And then I started to feel that I wanna eat better. I don't want to just eat whatever, I want to know what goes into my body. If I prepare it myself, then I know it's good one.  I don't eat too much sugar, sometimes it is hard to buy one thing outside and has a lot of sugar in it. So cooking it myself will allow me to control the amount of sugar. So I found recipes and I tried to make them. As to my surprise, they taste right! Exactly how they should have tasted. That made me happy

Mengenal Nyai, Eyang Buyut Orang Indo Kebanyakan

  Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya tentang darah campuran Eropa, saya pernah janji nulis tentang orang Indo dan Nyai, nenek buyut dari para Indo kebanyakan. Sekarang kita liat definisi dari Indo sendiri. Jadi Indo (Indo-Europeaan atau Eropa Hindia) adalah para keturunan yang hidup di Hindia Belanda (Indonesia) atau di Eropa yang merupakan keturunan dari orang Indonesia dengan orang Eropa (Kebanyakan Belanda, Jerman, Prancis, Belgia). Itulah kenapa saya agak risih mendengar orang menyebut Indonesia dengan singkatan Indo. Karena kedua hal itu beda definisi dan arti. Sekarang apa itu Nyai? Apa definisi dari Nyai? Nyai adalah seorang perempuan pribumi (bisa jadi orang Indonesia asli), Tionghoa dan Jepang yang hidup bersama lelaki Eropa di masa Hindia Belanda. Hidup bersama atau samenleven yang artinya kumpul kebo, tidak menikah. Fungsinya nyai itu apa? Fungsinya diatas seorang baboe dan dibawah seorang istri, tapi wajib melakukan kewajiban seorang baboe dan istri. Karena mem

[Piknik] Prambanan lagi

Salah satu pesona Jawa Tengah adalah Candi Prambanan. Saya sudah 3 kali berkunjung ke situs warisan dunia ini. Candi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan jogja ini selalu menimbulkan kesan mistis bagi saya. Terletak tak jauh dari jalan raya, sehingga mengunjunginya pun sangat mudah. Berbeda dengan Candi Borobudur yang letaknya sangat jauh dari jalan raya besar.  Ok, menurut saya ada 3 cara menuju candi ini. Menggunakan bus transjogja, taksi, dan kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan transjogja, saya pernah menggunakannya berangkat dari daerah kampus UNY, daerah Depok Sleman. 1 kali transit, 2 kali berganti bus. Dengan harga transjogja yang kala itu, 2014, seharga 3500 rupiah. Tapi sampai saat ini masih sama harganya, menurut info dari teman. Lokasi shelter bis berada agak jauh dari pintu masuk lokasi candi, mungkin kira-kira 500meter sampai 1kilometer. Kalau jalan, menghabiskan waktu sekitar 15-20menit. Bisa juga naik becak untuk opsi yang lain. Lagi-lagi, jangan lupa men