Skip to main content

Praktisnya Menggunakan e-meterai

Sebagai pelaku kawin campur, meterai adalah hal kecil yang sering kali luput karena dikit-dikit tempel meterai untuk perihal pengajuan visa. Seringnya beli satu, dua taro dompet, eh nggak tau keselip di mana. Belum lagi kalau ternyata setelah dokumen dicetak - ditempel matere - lalu ditandatangani - kemudian discan, ini prosesnya kayak berulang banget dan bisa berkali-kali karena salah tanggal atau orang yang dituju atau dokumen udah keburu expired. Udah kecil, nggak murah, sering ilang pula wkwkwk.  e-meterai mulai diluncurkan tahun 2021. Gw belum pernah coba karena jujur masih bingung apa iya ini imigrasi nanti nerima e-meterai gw? Hingga hari ini, Januari 2023 gw harus kirim dokumen bermeterai untuk update alamat gw sebagai penjamin visa. Iya, nggak bisa via website langsung, harus kirim permohonan via email yang dilengkapi dokumen permohonan dg tanda tangan di atas meterai.  Hah hoh karena nggak ada printer di rumah, kalau ngeprint cuma perlu sebiji. Meterai udah ga ada juga. Akhir

Turns Out, I Still Want To Have Kids

Chrysant

A few months ago I was in doubt about having kids. It disturbed me that much. That much. Should I have one or not at all? I was doubting, I doubted myself, I wasn't sure about the reasons why I want to have kids. Oh come on let's be realistic, world is getting worse isn't it? Education is not cheap. A lot of destruction going on. How can I be that selfish to let my kids growing up in the crumbling world we're live in? 

I wasn't even sure if I could be a good mother for my kids. 

I tried to look for the reasons why I shouldn't have kids. A lot of them are sensible reasons. Very sensible and logical. I turned myself from wanting kids right after I got married into someone who questions the idea of having kids.

Oh let me be clear here, I don't oppose people who want to have kids. It's totally your right. As long as you're being responsible. I love kids so much, don't get me wrong. I love them and I am good with them (for a few hours before sending them back to their parents). At least I don't make them cry when they're with me. Well, rarely! 

I love how they teach me different things every time I am with them, and they keep reminding me of small things that made me happy. It's like I nurture my inner child with them and it feels great. Most importantly, they're always being honest. But, having a kid is a lifetime commitment. There could be an ex-partner but there are no ex kids. Am I right? I am not sure I can handle all of that pressure while I am still working on making myself better. 

Yes, I am working on myself. I am working on knowing myself better, what I really want, what I am capable of, I am trying to get to know myself. It's not only about money, but being mentally prepared before having kids is also important. People said "You won't be ready until you're in that situation and forced to be ready" Well... okay I understand that. But like I said, kids are a big commitment in life. You can't refund/return them when something wrong happens, right?

Because I believe, happy kids are raised by happy mothers (and fathers).

All of those doubts are suddenly gone when I get to talk to my soul. Half of my soul was always there, deep down, reminded me of how and why I want to have kids. I just realize when I listened to my heart, about what I really want. My soul keeps me grounded. It's always there to remind me what I lost, remind me what I wanted to have, remind me how capable I am, how sensible I am, how good I can be if I want to. It's always there to keep me accompanied. All I need to do is just ... listen to it.

So, do I want to have kids in the future? Yes, I want to have my own. I am sure I am more than capable to be a good mother for them. Is adopting an option? Yes, that's also an option if I am capable of doing that. I want them, I have my reasons, but I don't know when to have them. They will be here when the time is right. All I need to do is being a responsible person for whatever choices I made or going to make. 

This is not about supporting or opposing people who choose to have kids or no kids. Again, this is a thing I reflect on the past couple of months before I turned 30 until I found the answer to my doubts. 

On the bright side, I am glad that more people are aware and brave to tell others that they don't want to have kids. I respect people who speak up for what they want instead of following what society expects them to be or to have. Women especially. I stand with you, ladies!

Any choice you're making whether it's childfree or not, it's totally your right and you should be proud of that. There's no one who knows you better other than yourself. You know what you're capable of doing. Any choice you're making is absolutely your prerogative. Do it at your own risk and be responsible for it. Let's not make a fuss over someone else's life choice, shall we? 😉 

Stay sane, everyone. And oh! Get your vaccine. I am fully vaccinated now 😎😍 ((biggest flex this year lol))

Comments

  1. setuju sista....menurutku itu hal wajar ada sedikit pikiran ke arah sana saat usia uda kepala 3. Tapi lagi lagi memang perkara ingin memiliki anak atau tidak menurutku adalah suatu keputusan yang sangat pribadi karena benar membesarkan anak tidak mudah, butuh komitmen besar,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, mana komitmennya ga bisa dibatalin lagi wkwkw. mana bisa bayinya direfund kan? emg ini keputusan besar banget. salut sama yg mampu juggling kehidupan pribadi dan ngurus anaknya. bener-bener two thumbs up banget!

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Praktisnya Menggunakan e-meterai

Sebagai pelaku kawin campur, meterai adalah hal kecil yang sering kali luput karena dikit-dikit tempel meterai untuk perihal pengajuan visa. Seringnya beli satu, dua taro dompet, eh nggak tau keselip di mana. Belum lagi kalau ternyata setelah dokumen dicetak - ditempel matere - lalu ditandatangani - kemudian discan, ini prosesnya kayak berulang banget dan bisa berkali-kali karena salah tanggal atau orang yang dituju atau dokumen udah keburu expired. Udah kecil, nggak murah, sering ilang pula wkwkwk.  e-meterai mulai diluncurkan tahun 2021. Gw belum pernah coba karena jujur masih bingung apa iya ini imigrasi nanti nerima e-meterai gw? Hingga hari ini, Januari 2023 gw harus kirim dokumen bermeterai untuk update alamat gw sebagai penjamin visa. Iya, nggak bisa via website langsung, harus kirim permohonan via email yang dilengkapi dokumen permohonan dg tanda tangan di atas meterai.  Hah hoh karena nggak ada printer di rumah, kalau ngeprint cuma perlu sebiji. Meterai udah ga ada juga. Akhir

Ujian hari senin

Kejadian ini terjadi tepat senin minggu lalu. Baru kali itu aku merasa 'WOW.. ini senin yeay'. Karena biasanya 'haduhh udah senen lagi'. Kebayang kan kalo seneng begitu dihari senen menyambut pagi dan hari itu rasanya langka banget. Otomatis pengennya hari itu berlangsung indah. Jam setengah 9 pagi, seperti biasa ke pantry ambil minum bareng sama temen sebangku. Dia bikin teh, aku nyuci botol sekalian ngisi dong. Seperti biasa juga, kadang aku males sih nyuci botol dengan ritual lengkapnya, akhirnya cuman bilas pake air panas. Ya mungkin nggak sampe 50 ml juga. Dikit banget deh. Temen juga selalu bersihin gitu gelasnya pake air panas. Pic source is here Eh lakok lakok... si bapak pantry yang serem itu tiba-tiba bilang 'Gak bisa ya gak nyuci botol pake air panas? Tiap sore itu banyak komplain gara-gara airnya abis'. Yakaliii air abis tinggal isi aja, ibu yang dulu aja nggak pernah ada komplain. Ya aku bilang lah ini cuman dikit, lagian yang ngelakuin ini

Dapet Visa UAE (Dubai) Gampang Banget

Dubai creek Beberapa waktu yang lalu, kita pusing berat karena H dapet libur kali ini cuman 10 hari. 10 hari dari yang biasanya 14 hari. Akhrinya diputuskan untuk tetap mengambil libur tapi nggak ke Indonesia.  Ternyata, beberapa hari kemudian, dia bilang, kalau liburnya malah jadi 7-8 hari aja. Mau ga mau saya yang harus kesana. Maksudnya terbang mendekatinya. Udah milih-milih negara mana yang harganya rasional, yang ga banyak makan waktu buat terbangnya H, dan tentunya ga ribet urus visa buat pemegang paspor hijau yang ga sesakti paspornya H.  Btw warna paspor Indonesia jadi biru ya sekarang?? Pilihan jatuh ke Dubai. Pemegang paspor hijau harus bikin visa, ya pusing lagi deh cara bikin visa Dubai nih gimana. Apa iya sesusah bikin visa schengen, visa US, visa lainnya. dari persyaratan sih standar ya, termasuk  record  bank account selama 3 bulan. Emang nggak pernah bikin visa Dubai sebelumnya ya, apalagi H yang paspornya super sakti kemana-mana (hampir) ga perlu visa, dia ga pernah ad