Skip to main content

Visa Schengen (via VFS Belanda) Sebagai Pasangan Resmi Warga Belanda

Sapinya keluarga gw Sebagai WNI yang nikah sama warga EU, dapetin visa Schengen itu sebenernya "lebih dijamin". Karena sebagai pasangan resmi warga EU kita boleh beredar di wilayah EU dengan bebas. Ya bebas artinya bukan tanpa visa ya. Tetep pake visa. Apa nggak mungkin ditolak? Ya tetep mungkin-mungkin aja. Urusan visa yang tau cuma Tuhan dan yang kasih keputusan akhir. Dulu waktu urus Schengen visa via VFS Swiss, gw kaget karena cuma bayar 300 ribuan. Biaya jasa doang. Kemudian mbaknya bilang, "Untuk pasangan resmi orang EU memang visanya gratis mbak. Cuma bayar biaya pelayanan aja." Setelah pulang, gw cari info ternyata emang iya gratis. Kecuali yang NIKAH DENGAN WARGA BELANDA YANG URUS VISA VIA VFS BELANDA. Kesel nggak gw? Ya kesel 😂 Masa kalo pengen mudik, gw tau lewat negara lain bisa gratis, tapi lewat negaranya sendiri bayar wkwkw.  Nggak ada perks nikah dengan warga Belanda, ya dapetnya cuma visa nggak berbayar itu, dengan pengecualian. Hari ini, saat gw

I Let Go Of Anger

Since I've found my missing piece, I've been feeling complete, whole, happiest. Everything. It feels like my soul is one now. It gives me feelings that I've never felt before. Before I could feel any of this, I had an emotional roller coaster for months, I had restless nights, I had days with anxiety, I felt numb, I cried every night, I went to a psychologist, I was constantly tired. It was not easy and it happened for a few months before I turned 30.

I even felt like giving up. "So how? Will I keep going or give up now? Should I give up now? It feels a lot easier when I give up" I had those thoughts for so long. 

But then I realize something, "No, I do not quit. I am a fighter!" So I didn't quit, no matter how shitty those days were, I decided not to quit. So I keep going. I started to exercise, I started to eat healthy, less sugar on my tea and coffee, I sleep early waking up early. I started to map my mind and emotions one by one, putting them in their boxes. 

Then out of the blue, that led me to meet my other soul. The soul that I knew is always there, waiting for me to say hi. I knew that I had something missing from my soul. Since I get to know my other soul, I get to learn more about myself. I understand myself more. I love myself more. It's like I am telling my soul "Hey, I love you" and it feels so liberating. It's not "I love you, but..." no, it's "I love you."

10 years old me.

All questions, feelings, instincts I have had for almost 30 years now all make sense. I got the answers.

The unconditional love to my soul, the moment when I realize that "I am so in love with you and you're doing great until today. 10 years old you would be so proud to see how great you are today" It feels great. I let go of things I could not control. Not everything is under my control.

The side effect of feeling those unconditional love to my soul is I am able to let go of anger. I am no longer mad, angry about things in the past. I do remember still about what happened, vividly. But those don't affect me the way they used to be. It doesn't trigger me anymore. I am at peace. The peace of mind that I wanted to feel for so long, is finally here. 

I am letting go of anger and that feels great. Nothing makes me happier the same way I love my own soul. I am feeling enough. My happiness is not depending on other people or other things, it depends on me. The way I accept myself, the way I don't hold grudge or anger, the way I am feeling enough, those feelings are beyond anything I could imagine.

I am content. The missing piece of my soul has been found. I love myself, more than anything now. I thank myself for surviving this far.

It's a spiritual journey that marks my 30's life. I am grateful and thank my closest people. They're always there to listen to my rant at 3 AM even though they didn't completely understand what I felt, they tried their best to comfort me, and I am lucky to have them. 

Thank you, universe for the good karma. I learn a lot. 

Comments

  1. biasanya emang menuju ke usia matang, dalam hal ini mba pris yang akan menuju kepala 3...dan fase fase usia lainnya selalu terjadi pergolakan batin sih ya...#aku sekarang kadang masih sih...wkwkkw...sering gelisah, ada kecemasan terhadap apa...mikirin ke depan akan gemana...dll

    tapi bener banget tuh akhiirnya melarikan dirinya ke hal hal yang bermanfaat...aku juga sama...yu mar ki toast...mari kita toast

    aku juga uda mulai konsen perawatan, katanya merawat diri sendiri akan bisa bangkitin mood dan self love hahay..ku juga mulai giat olah raga juga...tapi ga bisa lari kayak dulu sebelum rempong kayak sekarang jadinya kuganti pake senam sendiri di rumah hihi...zumba ngedance atau apa deh goyang dangdut juga wkkwkwk...maksudnya sambik dengerin musik ceritanya olahraga...ngurangi gula garem supaya badan dan kulit bagus itu juga uda mulai kuniatkan

    semangatttt saaaayyyy hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nguragin gula garam bisa bikin kulit bagus? WOW kubaru tahu! haha makin niat ini!

      betul mba, tiap fase hidup ada tantangannya masing-masing. tinggal kita ngolah dan ngadepinnya aja yg gimana. apakah kita akan menang atau kita akan belajar? ga ada yg namanya kalah sih.

      eh sama mbae, kadang aku jg cari di youtube yg goyang2 gitu. lumayan 10 menit aja udah keringetan banget. kalo butuh udara fresh baru keluar jalan keliling kompleks atau taman. enak sih pikiran jd lebih bersih juga kan ya, kek nggak sumpek gitu jadinya.

      yuk bisa yuk! mens sana in corpore sano!

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Traveling During Pandemic

CGK to DPS I am one of the people who travel (relatively a lot) during a pandemic. Unfortunately, me being in a long-distance marriage, need mental and physical support once in a while.  In the beginning, we met after 8 months of the pandemic and then 3 or 4 months, then every 2 months. I went wild the first 8 months of the pandemic. Everything felt harder. I know many people feel the same, I am not the only one. We're just coping with the best we can do.  The island I call home 💙 It was so stressful the first time traveling during the pandemic. Like I said here , it's not really worth the effort if you're traveling "for fun". PCR price was crazy, every time we have to calculate the time, make it double as well as the price. Because we buy the time with money. I usually book a ticket at least 2-4 weeks before my travel, then went to the airport 2 hours before my flying time, everything felt so efficient but not during the pandemic. I booked my ticket a week befor

[Piknik] Prambanan lagi

Salah satu pesona Jawa Tengah adalah Candi Prambanan. Saya sudah 3 kali berkunjung ke situs warisan dunia ini. Candi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan jogja ini selalu menimbulkan kesan mistis bagi saya. Terletak tak jauh dari jalan raya, sehingga mengunjunginya pun sangat mudah. Berbeda dengan Candi Borobudur yang letaknya sangat jauh dari jalan raya besar.  Ok, menurut saya ada 3 cara menuju candi ini. Menggunakan bus transjogja, taksi, dan kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan transjogja, saya pernah menggunakannya berangkat dari daerah kampus UNY, daerah Depok Sleman. 1 kali transit, 2 kali berganti bus. Dengan harga transjogja yang kala itu, 2014, seharga 3500 rupiah. Tapi sampai saat ini masih sama harganya, menurut info dari teman. Lokasi shelter bis berada agak jauh dari pintu masuk lokasi candi, mungkin kira-kira 500meter sampai 1kilometer. Kalau jalan, menghabiskan waktu sekitar 15-20menit. Bisa juga naik becak untuk opsi yang lain. Lagi-lagi, jangan lupa men

Book : Semakin Dalam Di Jejak Langkah

  Buku ketiga dari Buru Tetralogi ini lebih berat dari Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa . Disini banyak disinggung tentang Multatuli yang mengungkap "kotornya" birokrasi. Kotor disini tentu saja soal korupsi. Semakin dalam membaca ternyata semakin paham kalo kemungkinan besar korupsi ini "warisan budaya" kolonial. Buku ini pun mengatakan bahwa kolonial berhutang banyak gulden kepada Hindia Belanda atas semua hitungan 'meleset'nya penerimaan pajak dan penyalurannya. Siapa yang nggak mau untung banyak? Ya kolonial menang banyak. Bahkan kalau mau benar-benar dihitung, bisa jadi mereka kalah. Tapi nggak mungkin kan diusut karena kolonial tau kalau mereka bakal ketauan salah dan memungkiri itu. Jadi yaaa, lenyap begitu saja. Disini Minke kawin setelah ditinggal Annelies yang Indo dia kawin dengan yang orang tionghoa. Lagi-lagi pula dia ditinggalkan karena istrinya sakit (kemudian kawin lagi dengan Prinses yang ntah darimana tapi yang jelas dia berpendid