Skip to main content

Rough Guide to Bali

Penjor "Hey I am coming to Bali, can you recommend me things to do?" I got that question a lot. I get it, I live in Bali so people would think that I master everything about Bali. Well... 50:50. I happened to travel around Bali since 2017. So it wasn't wrong to assume me knowing Bali. But I am also a lazy traveler so I don't always do many things in one place.  That is why we will call this a rough guide to Bali.  First thing first, define your style of traveling. Because we all know that Bali is an island. Not a city. So it is quite big, you know. You can not explore all of it in two weeks. Well you might be able to do so, but probably not immersing enough of it.  So... what is your style of traveling? Bali offers you some cultures, quiet normal life, party hotspots, quiet beaches, busy beaches, temples, and so on.  Mt Batur West part of Bali (Canggu, Seminyak, Kuta) If you enjoy partying, you might want to spend your time more in the west part of Bali like Canggu, ...

Diary Teacher Keder

Nggak berhenti ngakak ya ampun.

Ini buku bener-bener sesederhana membuatku mengingat masa-masa kegelapan di jaman SD. Eh ternyata gw dulu jaman SD juga gitu ya ampun. Puluhan tahun berlalu ternyata kelakuan anak SD juga masih sama aja sekarang 😂 Bukti bahwa sejarah itu berulang.

Jadi akhir-akhir ini gw menghindari segala macam yang agak berat. Terus ketika tau si pak guru satu ini rilis buku, gw sempetin beli lah jelas karena tulisannya nggak pernah bikin gw nggak ngakak. Meskipun gw belinya setelah sebulan lebih rilis.

Di buku ini, yang paling bikin gw ngakak ada di bab perihal kutu 😂 Kenapa bisa creambath sekelas begitu sih 😂 Ini gw kenapa bisa ngakak banget karena dulu gw juga gitu. Nggak sekelas juga kek mereka sih, tapi lebih ke per grup gitu karena entah dari siapa, gimana ceritanya, kita sekelas kutuan semua ya ampun. Cepet amat kutu-kutu ini loncatnya.

Gw nggak mau buka isi buku ini sih. Kalo penasaran ya beli aja lah sendiri. Tapi yang jelas buat gw, selama menyelesaikan buku ini (bacanya maksudnya, kan bukan gw yang nulis), bisa beberapa hari off screen yang biasanya dipake twitteran, jadi pegang buku. Bisa gw bilang ini buku pertama yang gw selesai baca di tahun ini sih. Gila banget ya ampun gw udah jarang banget baca buku fisik. Ngebikin rileks mata lah sejenak. 

Oh iya, yang gw suka dari perspektif pak guru ini adalah, kesan dia belajar dari anak-anak ini. Berebutan disalamin, mendengar cerita unik mereka tiap hari yang gw yakin mah selalu ajaib. Gw sendiri pengajar, nggak ngajar anak SD memang lebih ke ngajar orang dengan rentang usia 17-40an. Gw tentu aja belajar banyak dari mereka. Dari yang masih polos sampai yang udah lebih dewasa dari gw, gw serap semua ilmunya. Tapi bagi gw yang paling berkesan buat gw adalah ketika gw ngajar anak berkebutuhan khusus. Meskipun dia usia 14 saat gw ajar, tapi mentalnya nggak beda jauh dari anak usia 8 tahunan. Kesel? BANGET. Tapi, paling berkesan banget karena gw belajar banyak dari situ yang ternyata... membawa gw ke penggalan jiwa gw 😊

TAPI, yang paling paling gw senengin dari buku ini adalah.... "Ia merupakan penikmat rebahan yang sudah tidak punya lagi cita-cita karena sudah kesampaian: jadi guru SD (yang) PNS." 😂😂😂 Coba mas nyari cita-cita lagi, gak hampa apa hidup tanpa cita-cita 😏 

Comments

  1. Wahh kayaknya asik yah bukunya bisa nambahin imun tubuh...
    Smoga ada rejeki biar bisa beli juga bukunya pak edot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku ini memang menambah imun banget kak, isinya ngakak mulu hahahhaa
      semoga lekas bs baca yaaa

      Delete
  2. Halo Mbak Prisca... makasih banyak ya udah beli sampe nge-review buku ini segala :-D

    Kayaknya perihal kutu ini emang jadi masalah turun temurun bagi anak SD ya haha

    Selalu ada cerita menyenangkan dari pengalaman jadi pengajar ya, hebatnya Mbak Prisca bisa sampe ketemu penggalan jiwanya.. uhuuy ~ :-D

    Masalah cita-cita udah beneran nggak ada lagi mbak, soalnya cita-cita saya paling tinggi ya jadi guru SD yang PNS. Demi ini hampir setiap hari saya iku try out kesana kemari, buka buku latihan CPNS yang tebelnya luar biasa. Setelah kesampaian, udah cukup ...
    nggak perlu ada ambisi lainnya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berati sekarang hobinya udah tinggal rebahan aja dong, krn yg satu udah kesampean. Enak yaaa udah bisa rebahan. Selamat rebahaaaannnn~~~

      Ntar kapan kalo bikin buku lagi, kubeli lagi mas. Kusuka banget gayanya bercerita. Astaga itu buku bener2 bikin aku lupa masalahku selama 2 hari :D

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Jangan minta oleh-oleh!

    Taken from internet Pernah nggak kalau kita mau bepergian, trus orang-orang pada bilang 'Jangan lupa oleh-olehnya ya' ? Pasti pernah dong ya... Yang jelas saya nggak pernah ngerti kenapa orang sering meminta sesuatu ketika kita pergi somewhere. Dulu waktu kecil juga saya suka bilang begitu. Siapa yang pergi kemana pasti deh 'jangan lupa oleh-olehnya ya om, tante pakdhe, budhe, mas, mbak'. Tapi lama kelamaan saya mikir 'saya cuman ngomong aja tanpa niat minta oleh-oleh', kecuali kalo memang kita menitipkan hal itu karena memang hanya ada ditempat yang akan dikunjungi orang tersebut, misal buku. Pernah nitip beliin buku di Korea karena emang adanya disana. Jadi esensinya oleh-oleh itu apa? Saya juga kurang tau soalnya udah nggak pernah lagi minta dibawain oleh-oleh. HJ pulang ke Belanda sana saya cuma minta beliin buku. Itupun nggak dibeliin gara-gara bukunya nggak bagus kata dia. Oleh-oleh pun ada yang sekedar apa adanya karena emang adanya begitu...

Jumat ceria

Hari ini memang bukan hari jumat, tapi cuman mau bilang aja sih kalo hari yang paling aku tunggu-tunggu itu hari jumat. Why?   Karena jumat itu selalu ceria, kalopun ada meeting besar pasti di hari jumat dan banyak cemilan, orang-orang pada berangkat sholat jumat, yang nasrani juga mengikuti misa di kantor, bisa pake baju bebas dan bebas berekspresi sepuas-puasnya, dan..... bisa video call sepuasnyaaaaaa kapanpun karena dia libur kerja 😍😍 gambarnya lucu 😁  taken from internet

Ke Kampoeng Heritage Malang Yuk!

  Beberapa waktu yang lalu, salah satu teman ini nanya "Lu tau kampung heritage nggak? Yang ada di Malang?" Hohhh dimana yo?? Kagak tau dah. Nah pas maen kerumah temen, tak disangka tak dinyana rumah Desi disitu! Ya baru ngeh soalnya baru ada tulisan "WISATA KAMPOENG HERITAGE MALANG" di tembok depan rumah Desi. Beberapa kali kesana kok nggak ngeh kalo ada tulisan itu 😂   tulisan ini lho! Sumpah nggak ngeh 😂 tapi kata Desi emang baru sih    nama-nama permainan jaman lawas. yang rumah kuning itu rumah 1870 tercatat sebagai rumah tertua di kampung ini gobak sodor apa go back to door hayoo??   rumah penghulu     Bulan April lalu, ada event di Kota Malang judulnya #SaveMalangHeritage. Berniat datang kesana, tapi ternyata gw bangun kesiangan 😅 not a morning person anymore btw. Yasudah acara lewat gitu aja. Nah kan minggu kemaren ini karena gw udah tau kalau rumah Desi ada di dalem Kampoeng Heritage, jadilah gw kesana b...