Skip to main content

If Money Wasn't The Problem, What Would You Do?

In this extraordinary life, I would be a teacher still.  Helping people to understand even some little things to make them feel worthy and understand themselves better. It seems that teaching has become a calling for me. Not about teaching such specific subject like mathematics or so, but more like... I like to give new perspectives for people, and having them saying "Oh.... I see..." is satisfying for me. Of course, by teaching I can learn so many new perspectives from different people too. It's like the more I teach the more I learn, and that is so true. Maybe more like a guide. I like giving guidance to people who needs it. No, I don't like giving unsolicited guiding. I like to guide people who wants to be guided. I'd teach them how to love, love themselves first. Yea sure when we are talking about things, they would say "do useful things like engineering, plumbing, this and that" but they tend to forget that we need some balance in life. Not saying t

Tuhan Itu Ada Dua

 
wikipedia

Berat ya judulnya. Ntah saya sudah pernah atau belum ya menulis tentang PK disini, film India yang masuk salah satu film favorit saya.

Disclaimer : I write this not with an intention to offend any religion. This is pure because I think I need to write this.

Nama PK diambil dari PeeKay yang diterjemahkan dalam film tersebut berarti mabuk (atau mungkin crazy). Banyak scene yang harus dilihat banyak orang. Skenario nya ringan menghibur tapi dalam penuh filosofi. Ceritanya PK ini adalah alien yang datang ke bumi dan alat penghubung dengan planetnya dicuri orang yang kemudian di jual kepada seorang pendetanya agama Hindhu yang ada di India. Tolong dikoreksi ya kalo salah.

Seorang ini namanya Tapaswi, kalau di Islam dia bisa disebut imam besar lah ya. Tapaswi ini menghubungkan umatnya kepada tuhannya tapi dengan gaya yang menghipnotis karena memang bisnis keagamaannya ini disokong dari sumbangan umat untuk kuil (katanya).

PK yang kebingungan mencari 'remote control' nya disarankan mencarinya ke Tuhan. Pertama dia memohon kepada tuhannya umat hindu, karena tidak mempan, akhirnya berlarinya dia ke tuhannya agama kristen, kemudian ke tuhannya agama islam, kemudian ke agama budha, begitu seterusnya. Berbagai cara dia lakukan, semua cara beribadah dia lakukan demi mendapatkan remote nya kembali. Tapi gagal.

Singkat kata, ternyata remote nya ada di tangan Tapaswi yang dijual dari pencuri. Tapaswi mengatakan itu adalah serpihan gendang siwa yang ditemukannya. Lah PK kaget dong, akhirnya dia berusaha mendapatkannya kembali dari Tapaswi.

PK dibantu oleh seorang wanita, Jaggu. Jaggu pernah diramalkan Tapaswi akan ditinggalkan oleh Sarfaraz dari Pakistan dan tidak akan pernah dinikahi. Somehow terjadi kesalahpahaman antara Jaggu dan Sarfaraz ini sehingga membuktikan bahwa Tapaswi terlihat benar dengan ramalannya. Keluarga Jaggu dan Tapaswi jelas membenci Sarfaraz yang notabene Islam.

PK mendatangi Tapaswi dengan membawa lima orang dengan pakaian keagaaman dan melontarkan pertanyaan : tanyakan ke tuhanmu, apa agama kelima orang ini? Oh tentu dengan sombongnya Tapaswi mengatakan tanpa menanyakan ke tuhan jelas dia sudah tau jawabannya.

Kelima orang itu berpakaian masing-masing menggunakan baju ala muslimah, kristen, hindu, singh, budha. Tapaswi menebaknya salah, karena memang PK menukar jati diri mereka dengan pakaian agama yang mereka kenakan. PK menanyakan : Dari mana kamu tahu kalau orang itu beragama A, B, C, atau D? Apakah ada tanda dibadan mereka?

Dalam scene lainnya salah satu umat Tapaswi mengeluh istrinya  sudah tua sakit2an dan lumpuh dan ingin sembuh kembali, kemudian dia menyarankan untuk pergi ke gunung Himalaya kemudian berjalan berkilo-kilo meter dan memintanya kesana maka istrinya akan mendapat jawaban. PK melawannya dengan alasan logis, 'Kita ini anak-anak tuhan bukan? Kalau iya, apa kamu pernah ingin sesuatu dan datang ke ayahmu untuk meminta sesuatu kemudian ayahmu mengatakan akan memberikan solusi kepadamu setelah kamu berjalan jauh ke gunung himalaya?'

Kemudian PK mengatakan 'this is wrong number'. Salah sambung disini artinya banyak sekali kita yang mendatangi pemuka agama untuk meminta solusi atas masalah kita. Tapi banyak dari pemuka agama tersebut memberikan kita informasi yang salah. Memang benar atau salahnya kita tidak sepenuhnya mengetahui, tapi apa nggak seharusnya kita memberikan solusi terbaik untuk orang lain secara logis? Yang bukan dibelokkan demi kepentingan pribadi.

Film ini dikemas secara komedi. Saya bisa bilang sih komedi berat.

Sampai akhirnya tiba pada perdebatan antara Tapaswi dengan PK secara eksklusif. Tapaswi bilang kalau tuhannya yang paling benar, kita harus melindungi dan menjaga tuhan, dan PK menanyakan satu hal penting :

"Sekarang aku tanya, ada berapa tuhan di dunia ini? Ada satu? Nggak, buatku tuhan itu ada dua. Tuhan yang menciptakan kita dan Tuhan yang kita ciptakan. Dunia ini sangat kecil dibandingkan alam semesta lainnya, kamu bilang kamu mau melindungi dan menjaga tuhan? Kamu salah. Tuhanmu nggak butuh perlindungan, tuhanmu nggak butuh dilindungi. Gimana caranya kamu melindungi tuhan kalau tuhanlah yang menciptakan alam semesta sebesar ini?"

Remote PK didapatkannya kembali setelah membuktikan bahwa Sarfaraz tidak meninggalkan Jaggu ketika hari pernikahan tapi karena salah paham atas surat yang salah diberikan kepada Jaggu. Dan ramalan Tapaswi salah.

Film ini jelas menceritakan tentang hal yang disadari atau tidak terjadi di kehidupan kita saat ini. Dimana pentolan agama dipuja-puja meskipun secara logika ada yang tidak bisa dibenarkan dalam hal penyampaian ilmunya. Bukan untuk menjelekkan mereka, toh saya juga nggak lebih bener dari mereka. Tapi kita hanya perlu berhati-hati. Apakah kita memang menerima ilmu yang tuhan sampaikan ke kita atau kita hanya dijadikan alat pemuas mereka demi keuntungan pribadi mereka? Apakah benar kita menyembah tuhan yang menciptakan kita ataukah kita menyembah tuhan yang kita ciptakan sendiri?

Jadi, kamu menyembah tuhan yang mana?

Comments

  1. film ini aq udah nonton. sangat bagus..
    filmx booming n terjadi pro kontra waktu itu...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus ya filmnya, kocak tapi ngajak kita mikir akhirnya. Aku juga denger pro kontra soalnya ambil sisi 'nggak masuk akal' nya tiap agama juga sih. tapi truly recommended ini :)

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Menjadi dotcom

Few days ago, I wrote what I want to do on early 2017. And one thing has been done today. What is that? Tarararaaaaaaa.... silverestrella.com As I promised myself, now this blog has been upgraded to dotcom. I found a domain hosting through Mas Adhi . He wrote that when I was looking for hosting for my blog. So thank you so much, you came on right time hahaha Dibilang alay ya udahlah nggak apa-apa, yang jelas seneng akhirnya bisa upgrade jadi dotcom yeyeyeyeee

Dapet Visa UAE (Dubai) Gampang Banget

Dubai creek Beberapa waktu yang lalu, kita pusing berat karena H dapet libur kali ini cuman 10 hari. 10 hari dari yang biasanya 14 hari. Akhrinya diputuskan untuk tetap mengambil libur tapi nggak ke Indonesia.  Ternyata, beberapa hari kemudian, dia bilang, kalau liburnya malah jadi 7-8 hari aja. Mau ga mau saya yang harus kesana. Maksudnya terbang mendekatinya. Udah milih-milih negara mana yang harganya rasional, yang ga banyak makan waktu buat terbangnya H, dan tentunya ga ribet urus visa buat pemegang paspor hijau yang ga sesakti paspornya H.  Btw warna paspor Indonesia jadi biru ya sekarang?? Pilihan jatuh ke Dubai. Pemegang paspor hijau harus bikin visa, ya pusing lagi deh cara bikin visa Dubai nih gimana. Apa iya sesusah bikin visa schengen, visa US, visa lainnya. dari persyaratan sih standar ya, termasuk  record  bank account selama 3 bulan. Emang nggak pernah bikin visa Dubai sebelumnya ya, apalagi H yang paspornya super sakti kemana-mana (hampir) ga perlu visa, dia ga pernah ad

[Piknik] Segerin diri di Pantai Seger, Mandalika

Pernah denger cerita soal Putri Mandalika nggak? Kalo udah, berarti wawasannya luas. Kalo belom berarti nggak doyan baca 😋 Sini sini merapat tak ceritain singkatnya yaaaa... Konon katanya, Putri Mandalika ini orangnya cuantikk dan baek hati. Yakali yaaaa kalo putri-putri di legenda kebanyakan kayak gitu deh karakternya. Terus si putri cantik ini saking baeknya, disukai semua orang. Nah kalo udah disukai semua orang, nasibnya gimana hayo???? Ya disuruh milih suami sama bapaknya. Soalnya banyak pangeran yang mau jadi suaminya. heeemm interesting. Seandainya kita juga direbutin banyak orang kayak gitu ya hahaa gapapa ya meskipun dari belakang, gara-gara salah arah Karena ini mitos dan karena dia bijak, akhirnya dia bilang ke bapaknya kalo nggak mau milih salah satu buat dijadiin suami karena dia dan tubuhnya adalah milik orang Mandalika. Satu untuk semuaaaaaa. Jargon tipi ini mah Kemudian si putri nyemplungin dirinya ke laut. Dan bilang, 'karena aku untuk rakyatku, jad