Sumpah Pemuda

7:46 AM

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Ada yang ingat itu apa??

Sebagai pemuda pemudi Indonesia pastinya mengetahui lahh ketiga pernyataan hebat tersebut.

Iya,

SUMPAH PEMUDA

Sumpah pemuda yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 silam. Tonggak perjuangan bangsa. Semangat dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Ya. Pemuda selalu memiliki semangat yang kadang terlampau menggebu.

Bertumpah darah satu, tumpah darah indonesia. Sampai matipun akan kupertahankan nama bangsaku ini. Kalo ada yang tanya kenapa cinta indonesia yang “seringkali terlihat” tidak baik ? Sekarang pertanyaan itu ssya balikin, kenapa cinta sama suami/istri kalian? Apa mereka sempurna tanpa kekurangan?? Tidak ada yang sempurna kan. Mencintai kelebihan dan kekurangannya.

Berbangsa satu, bangsa Indonesia. Indonesia punya berapa pulau? Lebih dari 17ribu kawan. Ada berapa juta bentuk karakter yang terbentuk dari 17ribu pulau tersebut??? Banyak kali. Terpisah lautan dari ujung sabang sampai merauke, tapi tetap satu bangsa.

Bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Kedua pernyataan sebelumnya menggunakan kata “satu”, tapi kenapa yang satu ini memakai kata “persatuan” ? dari 17ribu pulau, bahasa daerah yang kita miliki gak sedikit broo. Ratusannnn. Caranya komunikasi orang batak dengan orang madura gimana coba kalo gak pake bahasa persatuan? Karena itu disebutnya bukan berbahasa satu, tapi bahasa persatuan. Karena emang kita punya ratusan bahasa lokal dan bahasa indonesia digunakan sebagai alat pemersatu bangsa. Nah tuh kamu ngomong bahasa asing, gak cinta negeri ahh. Hey bro… berbicara dengan bahasa asing bukan berarti kita gak cinta negeri. Buang jauh deh itu pikiran. Tapi itu salah satu cara kita promoiin hal-hal baik negeri kita kedunia nternasional. Masa sih kita promoin negeri kita pake bahasa jawa ato madura ato batak? Ya mereka bingung jadinya dong :D

Tumpah darahku, bangsaku, bahasa persatuanku, INDONESIA

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA. Perjuangkan apa yang harus diperjuangkan dengan semangat pemuda. Hidup Pemuda!

281028~281015

 

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here