Pertama kali ngerasain kimchi

6:17 AM


Kimchi, tau kan kimchi itu apaan?
Kimchi tuh khas Korea banget, makanan yang selalu tersaji disetiap meja makan setiap waktu dan setiap mereka sedang makan. Istilahnya gini, orang Korea itu belom ngerasa makan kalo ndak pake kimchi ini. Sejenis lah ma aku si orang Jawa yang ngerasa belum makan kalo belum makan nasi heheheh.

Kimchi ini asem banget, kombinasi asem pedes gitu lah. Pertama kali makan kimchi, beeeehhhhhh rasanya aneh dan ehhhhhhh kayaknya ga mau cobain lagi dah. Itu aku cobain di acara gathering korea gitu deh. Nah karena “kapok” dengan rasa kimchi itu, udah deh nggak mau cobain lagi. Tapi waktu guru korea ku yang pertama mau pulang ke korea sana, kita diajak nginep dan makan-makan dirumahnya waktu itu. Beberapahari sebelum lebaran. Kan kita buka puasa tuh ceritanya, banyak lah hidangan korea yang lainnya, ada juga nih si Kimchi. Aku agak takut cobain lagi, soalnya yaa alasan pertama aku buka puasa dan masa iya mau dikasih yang asem-asem, alas an kedua aku masih “kapok”. Tapi temenku cobain duluan dan dia bilang enak banget, beda ma yang pertama aku coba. Penasaran kan, masa iya sih. Akhirnya aku cobain sendiri tuh kimchi, dan ternyata emang iya rasanya beda banget. Yang ini rasanya lebih enak dan lebih meledak di mulut. Ya beda jelas, yang pertama aku cobain tuh buatan orang Indonesia dengan masa fermentasi yang singkat, atu mungkin belum difermentasi, nah yang ini buatan orang korea asli dengan masa fermentasi 3 bulan (atau 6bulan ya waktu itu). Rasanya emang jauh lebih meledak dimulut. Waktu pertama masuk mulut, rasanya pengen jingkrak-jingkrak nggak kuat asemnya. Tapi beberapa menit kemudian, udah pengen makan lagi biarpun asem banget. Ada yang bilang gini, “Kimchi itu emang asem dan kuat, tapi rasa yang seperti itu sangat membuatmu merindukannya”. Iya emang, bener banget. Rasanya yang kuat membuatku merindukannya untuk memakannya lagi.

Lama banget nggak makan kimchi, akhirnya makan juga waktu diajak guru koreaku yang kedua ini makan di kedai korea gitu lah, ada ini si kimchi dan rasanya nggak enak banget. Jadi ya kesimpulannya gini, kimchi enak tuh yang dibuat orang korea asli hehhehehe.

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here