Skip to main content

Mendaftar Pelatihan di Prakerja

Sanur Jadi dulu program ini diluncurkan pemerintah untuk kasih insentif orang yang di PHK atau tidak bekerja pas pandemi. Jadi ya gw tentu saja nggak punya hak tho. Sebagai orang yang nggak punya hak, ya gw nggak ikutan lah. Trus temen gw beberapa bulan lalu bilang, ikut aja soalnya ini buat yg kerja yg mau nunjang skill juga lho.  "Hah masa sih?" Yaudah pas liat oh ya bener juga, jadi gw daftar. Daftar pertama di gelombang 20 nggak lolos. Trus ya udah patah hati dah lah gausah daftar. Eh tiba-tiba minggu lalu temen gw lolos gelombang berapa gitu, lalu bilang kalau gelombang 29 udah buka. Yaudah deh ikutan aja. Eh lolos dong. Pembukaan gelombang ini termasuk cepet. Hampir tiap minggu selalu ada gelombang baru yang dibuka. Jadi daftar di gelombangnya itu selama 3 harian, pengumumannya 3 hari kemudian, lalu 3 hari kemudian udah bukaan baru. Bener-bener cepet banget. Nah temen gw yang lagi S2 nggak bisa ikutan padahal dia juga kerja sebagai pengajar. Alasannya KTP sudah terdafta

Are you an introvert too?

Sanur

Introverts are yearning for deep talks and always exhausted for small talks. Small talks can be fun, but only when it's not too much. Deep talk is always energizing. I didn't know back then. It was weird for me that I can't jump into society as smoothly as my friends. I can't do small talks with my neighbors. I tend to stay at home and enjoy my own battle in my mind. I felt that people think I am a quiet person. 

When I start to have my own ideas, opinions, and such, I told myself that I am not someone who can't talk. I remember my English teacher gave us the task to find foreigners to have small conversations with. I didn't live in Bali so I can't just randomly bump into foreigners so we did it from the internet. I guess I am addicted to it because I found some great people to discuss with and we're still being friends today.

Don't you worry, introverts make some friends too. Fellow introverts 😂 No, I mean, I have some extrovert friends and we are working hard to understand each other in the beginning. Once you understand how you roll, everything will be fine. Introverts are not lonely, we're just... enjoy our time alone that much compared to extroverts. 

The conversations I have are getting more interesting because obviously, I am not a high school student anymore, life hit you so damn hard, you need some insights from neutral sides about everything. Sometimes we can't see what's in front of us until someone tells us. 

our favorite spot to go, an empty space.

Someone told me that simple is harder than complex. So I understand that my thoughts are pretty complicated, I tend to think about (almost) everything deeply, if I want to let people know what I think about without simplifying those then they won't understand what I mean. Because when I can be too lazy to explain, whatever comes from my mouth would be "Yea whatever, up to you. It's okay, it's not okay"

My brain is so crowded, I was born that way too. This is also the reason why I blog. Blogging helps me to put everything down in its own boxes. Sometimes you'll read something interesting, sometimes you'll read a piece of my personal thought that probably bore you 😝. I feel so overwhelmed when I did nothing. When I have nothing to do then I start to over-thinking. So I always keep my mind busy. It's how I cope with recent situations lately. It's not fun I can say, but I have to. 

I am quite a talker when I meet interesting people. I am a quiet person when I feel they're just talking nonsense. This is not about who's wrong or who's right. It's only about what I prefer to have. 😉

Slowly but sure, I have to make sure that I fit into society. I don't mean that I need to please people, no. I never do that. I just mean, I know where to put myself if I am in the middle of the crowds. This is not so easy task to do. I tried my best to do it until a friend of mine said "I want to be like you. You can always get to know new people easily, you can jump into something smoothly, you don't feel awkward in the middle of people you don't know, you always have something to talk about." That got me thinking actually, "Oh wow, I am working that hard to put myself in a place where I can still enjoy it but not make someone else feel awkward too"

Hey, I don't say you need to follow what society expects you to do or to have, eh? Nah. Just be yourself. Knowing where to stand will help too! 

Of course, after I do all of that, I'll come home exhausting and need to charge my energy all day all night by myself. 😓

Anyway, are you an introvert too? 😎

Comments

Popular posts from this blog

Mendaftar Pelatihan di Prakerja

Sanur Jadi dulu program ini diluncurkan pemerintah untuk kasih insentif orang yang di PHK atau tidak bekerja pas pandemi. Jadi ya gw tentu saja nggak punya hak tho. Sebagai orang yang nggak punya hak, ya gw nggak ikutan lah. Trus temen gw beberapa bulan lalu bilang, ikut aja soalnya ini buat yg kerja yg mau nunjang skill juga lho.  "Hah masa sih?" Yaudah pas liat oh ya bener juga, jadi gw daftar. Daftar pertama di gelombang 20 nggak lolos. Trus ya udah patah hati dah lah gausah daftar. Eh tiba-tiba minggu lalu temen gw lolos gelombang berapa gitu, lalu bilang kalau gelombang 29 udah buka. Yaudah deh ikutan aja. Eh lolos dong. Pembukaan gelombang ini termasuk cepet. Hampir tiap minggu selalu ada gelombang baru yang dibuka. Jadi daftar di gelombangnya itu selama 3 harian, pengumumannya 3 hari kemudian, lalu 3 hari kemudian udah bukaan baru. Bener-bener cepet banget. Nah temen gw yang lagi S2 nggak bisa ikutan padahal dia juga kerja sebagai pengajar. Alasannya KTP sudah terdafta

Book : Semakin Dalam Di Jejak Langkah

  Buku ketiga dari Buru Tetralogi ini lebih berat dari Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa . Disini banyak disinggung tentang Multatuli yang mengungkap "kotornya" birokrasi. Kotor disini tentu saja soal korupsi. Semakin dalam membaca ternyata semakin paham kalo kemungkinan besar korupsi ini "warisan budaya" kolonial. Buku ini pun mengatakan bahwa kolonial berhutang banyak gulden kepada Hindia Belanda atas semua hitungan 'meleset'nya penerimaan pajak dan penyalurannya. Siapa yang nggak mau untung banyak? Ya kolonial menang banyak. Bahkan kalau mau benar-benar dihitung, bisa jadi mereka kalah. Tapi nggak mungkin kan diusut karena kolonial tau kalau mereka bakal ketauan salah dan memungkiri itu. Jadi yaaa, lenyap begitu saja. Disini Minke kawin setelah ditinggal Annelies yang Indo dia kawin dengan yang orang tionghoa. Lagi-lagi pula dia ditinggalkan karena istrinya sakit (kemudian kawin lagi dengan Prinses yang ntah darimana tapi yang jelas dia berpendid

[Piknik] Prambanan lagi

Salah satu pesona Jawa Tengah adalah Candi Prambanan. Saya sudah 3 kali berkunjung ke situs warisan dunia ini. Candi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan jogja ini selalu menimbulkan kesan mistis bagi saya. Terletak tak jauh dari jalan raya, sehingga mengunjunginya pun sangat mudah. Berbeda dengan Candi Borobudur yang letaknya sangat jauh dari jalan raya besar.  Ok, menurut saya ada 3 cara menuju candi ini. Menggunakan bus transjogja, taksi, dan kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan transjogja, saya pernah menggunakannya berangkat dari daerah kampus UNY, daerah Depok Sleman. 1 kali transit, 2 kali berganti bus. Dengan harga transjogja yang kala itu, 2014, seharga 3500 rupiah. Tapi sampai saat ini masih sama harganya, menurut info dari teman. Lokasi shelter bis berada agak jauh dari pintu masuk lokasi candi, mungkin kira-kira 500meter sampai 1kilometer. Kalau jalan, menghabiskan waktu sekitar 15-20menit. Bisa juga naik becak untuk opsi yang lain. Lagi-lagi, jangan lupa men