Skip to main content

I Thought I Hate People, but...

Sanur ... but I actually don't! That I realized when I had dinner with H and he asked me, "Do you think she's married? The seller, she looks young but not too young."  So I said, "Uhmm I don't know and I don't care."  He then said again, "Yea I know, but I am curious about people. I am curious about what they're doing in life." That's when it came to my mind, "Wait a minute! I am also curious about people, but not their personal life like marital status, how many kids they have, what religion they believe in. I am curious about what they think about things! Ah that's why I love talking to people, no matter how introvert I am but talking to people still excites me." Then we finished our big nasi goreng together.  Looking back at it, I never really like people randomly talking to me when I was in the zone... Like zoning in and out talking to myself. But actually no, maybe it was only that we didn't sync so I went &qu

Lebih Sensitif Sejak di Bali

Sanur

Sejak tinggal di Bali gw ngerasa sehat mentalnya 🙈 Ada hal lain yang gw sadari. Gw jadi lebih sensitif ke alam. Seperti yang kita ketahui, persembahan orang Bali setiap harinya selalu tentang tuhan dan alam. Rasanya gw ikut melebur di situ. Akibatnya gw jadi lebih sensitif. 

Gw sadari sejak bulan pertama di Bali gw udah bisa ngerasain getaran gempa 3 kali dalam sebulan. Sehalus apapun itu gw bisa kerasa. Dulu di Jawa, kalo nggak gempa gede banget yang sampe pintu lemari buka tutup sendiri, gw nggak akan bisa ngerasain.


Sumpah ya, sunset di Seminyak ini selalu keren

Selain itu, gw jadi lebih sadar tiap bulan purnama datang. Ya karena orang Bali pasti pake kebaya lengkap buat sembahyang. Terutama jika bulan purnama yang terjadi bukan di hari kamis (orang Bali tiap kamis pake kebaya ke tempat kerja). Tiap bulan purnama, otomatis laut akan pasang. Pagi hari pasti ombaknya gede banget deh. Tapi siangnya, bisa dipake berendam enak karena airnya banyak banget. Jadi nggak perlu jauh-jauh nyemplung buat berendam. 

Tentu saja gw juga jadi lebih bisa mengetahui arah mata angin sesederhana mana utara, selatan, barat, timur. Karena Bali, lagi-lagi, arah mata angin penting banget untuk kepercayaan mereka. Jadi semua bangunan ngadepnya genah. Gw bisa tau banget tempat tinggal gw menghadap barat, pas. Bener-bener pas teng. Jadi gw tau banget kalo mau ke Sanur arahnya kemana. 

Mau ditanyain arah sama orang juga sekarang bisa dengan pedenya jawab, "Oh ke utara dikit, nanti jalan aja ke barat" Nggak lagi jawab, "oh nanti ada indomart, nah di sampingnya itu ke kiri dikit, kira-kira ada tong sampah nah itu ke kanan" 😂 

Agak ngerasa pinter gw jadinya 😎

Kalian gimana? Blend-in juga sama lingkungan sekitar? 😆

Comments

  1. Kayaknya klop banget sama Bali ya Mbak, sampai bisa kuat banget chemistry-nya 😁

    Jadi bisa ngerasain ada gempa juga nggak kayak di Jawa 😁

    btw, itu semua tempat kerja mbak Kamis pakai kebaya? Guru di sekolah jugakah?

    Jujur kalo saya orangnya juga susah tahu arah ... kayaknya sekalipun udah di Bali pun tetep aja mudah hilang arah 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa perlu waktu sebentar buat kenal arah di sini mas. Idup di Jawa 20 tahun lebih masih gatau arah, di bali blm 2 tahun udah tau mana utara selatan timur barat dan pemetaannya. Lebih gampang sih emang, kotak-kotak soalnya kayak masang lego wkwkkw.

      Di Bali serunya tiap kamis emang semuanya berkebaya. Udah hampir 2 tahun ini nggak ngeliat orang sekolah pake kebaya. Cantik2 semua mereka si siswa2 ini berkebaya. bisa jadi inspirasi cari gaya kebaya juga hehehee. Wajibnya terutama di lingkungan yang di bawah naungan pemerintah sih ya. Kalau yg swasta bisa ngikut bisa nggak, tapi lebih banyak yg ikut daripada yang enggak. Jadi suka bgt kalo hari kamis hehehe

      Delete
  2. Oh Indra keenam nya makin terasah sejak tinggal di Bali ya, ada gempa sedikit juga terasa.

    Baru tahu kalo di Bali tiap hari Kamis semua pakai kebaya.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya asik juga tiap kamis ngeliat semua orang pake baju adat begini. jadi lebih dapet aja rasanya

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Mendaftar Pelatihan di Prakerja

Sanur Jadi dulu program ini diluncurkan pemerintah untuk kasih insentif orang yang di PHK atau tidak bekerja pas pandemi. Jadi ya gw tentu saja nggak punya hak tho. Sebagai orang yang nggak punya hak, ya gw nggak ikutan lah. Trus temen gw beberapa bulan lalu bilang, ikut aja soalnya ini buat yg kerja yg mau nunjang skill juga lho.  "Hah masa sih?" Yaudah pas liat oh ya bener juga, jadi gw daftar. Daftar pertama di gelombang 20 nggak lolos. Trus ya udah patah hati dah lah gausah daftar. Eh tiba-tiba minggu lalu temen gw lolos gelombang berapa gitu, lalu bilang kalau gelombang 29 udah buka. Yaudah deh ikutan aja. Eh lolos dong. Pembukaan gelombang ini termasuk cepet. Hampir tiap minggu selalu ada gelombang baru yang dibuka. Jadi daftar di gelombangnya itu selama 3 harian, pengumumannya 3 hari kemudian, lalu 3 hari kemudian udah bukaan baru. Bener-bener cepet banget. Nah temen gw yang lagi S2 nggak bisa ikutan padahal dia juga kerja sebagai pengajar. Alasannya KTP sudah terdafta

Tips Membeli Buku

Ada duitnya wkwkw! Ya maksud gw, harga buku di Indonesia bisa dibilang nggak murah terutama buku yang berbahasa asli misalnya Bahasa Inggris. Buku cetakan versi asli biasanya harganya bisa 2 kali harga buku terjemahannya, atau dua-tiga kali harga e-book. Ini e-book yang original ya, bukan yang bajakan. Kayak semacem beli di kindle atau books-nya google itu.  Kadang emang sering pengen beli fisik bukunya tapi kok harganya sampe 300ribu banget, sedangkan hasrat ingin membaca ini tinggi sekali. Nah, kalau skenario yang begini yang terjadi (dan paling sering), gw biasanya cek toko buku bekas dulu. Di Bali ada beberapa toko buku bekas yang reliable , meskipun koleksinya kita nggak akan tau ya karena ya random juga. Satu di Sanur, satu di Ubud.  Ini karena kapan hari gw udah beli bukunya Madeline yang Song of Achilles di Periplus, 200ribuan. Lalu nemuin bekasnya dengan sampul yang gw mau, cuma 25ribu. Jadi gw udah beli yang baru, beberapa hari kemudian gw ke toko buku bekas dan nemu itu. Set

I Thought I Hate People, but...

Sanur ... but I actually don't! That I realized when I had dinner with H and he asked me, "Do you think she's married? The seller, she looks young but not too young."  So I said, "Uhmm I don't know and I don't care."  He then said again, "Yea I know, but I am curious about people. I am curious about what they're doing in life." That's when it came to my mind, "Wait a minute! I am also curious about people, but not their personal life like marital status, how many kids they have, what religion they believe in. I am curious about what they think about things! Ah that's why I love talking to people, no matter how introvert I am but talking to people still excites me." Then we finished our big nasi goreng together.  Looking back at it, I never really like people randomly talking to me when I was in the zone... Like zoning in and out talking to myself. But actually no, maybe it was only that we didn't sync so I went &qu