Skip to main content

If Money Wasn't The Problem, What Would You Do?

In this extraordinary life, I would be a teacher still.  Helping people to understand even some little things to make them feel worthy and understand themselves better. It seems that teaching has become a calling for me. Not about teaching such specific subject like mathematics or so, but more like... I like to give new perspectives for people, and having them saying "Oh.... I see..." is satisfying for me. Of course, by teaching I can learn so many new perspectives from different people too. It's like the more I teach the more I learn, and that is so true. Maybe more like a guide. I like giving guidance to people who needs it. No, I don't like giving unsolicited guiding. I like to guide people who wants to be guided. I'd teach them how to love, love themselves first. Yea sure when we are talking about things, they would say "do useful things like engineering, plumbing, this and that" but they tend to forget that we need some balance in life. Not saying t

Harga Makanan di Geneve

Sembari membuang kebosanan karena gw di rumah aja dan nggak berani beli makanan via online padahal gw udah kangen nasi kuning ambon, nasi campur bali, nasi sembarang kalir aku kangennn tapi yaaaa udah tahan dulu tahan!!!!

Jadi tiba-tiba pagi ini gw dan Frontsummer lagi ngobrolin soal negara-negara di Eropa perihal social distancing ini. Karena di desa-desa kecil di Eropa sana kan jarak rumahnya udah kayak orang musuhan gitu kan. Jauuuuhh banget. Trus ada yang nyamber, "Iya gapapa jauh-jauhan ntar bisa buka warung pecel samping rumah."

Nah... jadilah bahas makanan dan harganya di Eropa sana. Karena gw kemarin ke Geneve, masih kebayang banget ya tuhan mahalnya makanan di sana. Ini bukan gw bandingin konversi ke IDR lho ya. Ini bandingannya negara Eropa lainnya.

Sarapannya orang Geneve mirip orang Prancis karena emang mepet Prancis dan mereka pun berbahasa Prancis. Bagi beberapa orang yang tinggal di sana bilang kalau Genf itu so France minded lol. Rata-rata cafe menyediakan paket sarapan berupa teh/kopi beserta croissant dan jus jeruk. Sarapan tipis-tipis lah ceritanya. Paket harganya mulai dari CHF 6-12an tergantung cafenya.

Untuk harga sarapan di cafe samping gereja Lutheran old town ini seharga CHF 8. Bisa pilih mau minum kopi/teh + jus jeruk + croissant atau kopi/teh dan 2 snacks. Pilihan rotinya menggugah selera banget karena gw nggak favo croissant.



Kalau mau yang agak murah dikit, bisa jajan pinggir jalan macem churos dan kawan-kawannya dengan harga lebih murah. Waktu itu beli churros 6 biji, kirain bakal kecil mini kayak yang dijual di Matos aja, eh ternyata puanjang banget dan makan 2 aja udah kenyang. Bapaknya tipe-tipe bapak kaki lima yang grapyak jadi yaaaa malah dikasih bonus satu lagi churros dan coklat 😂 Pindah dari situ kek orang bego.




Hamburger ini ukurannya jumbo, kita makan sepulang dari Prancis dadakan naek gunung dan nanjak sepanjang 17 km sampe gila. Harganya utk fine dinning begini, berdua, berada di kisaran CHF 15-40 an per orang. Kalau pizza sih normalnya seharga belasan CHF. Pizza di Vapiano Genf sekitar CHF 12 untuk yang margarita (di Vapiano Ams masih di bawah EUR 10). 


Beberapa saat kemudian, gw ga bisa tahan banget kangen makanan Indonesia. Karena udah seminggu lebih di Dubai nggak makan makanan Indonesia, trus ke Genf juga udah seminggu lebih jadi gw kangen banget akhirnya gw cari dan dapet di deket kampusnya H. Nama warungnya Bali Indonesia, tinggal ngesot aja dari UN. Tempatnya kecil, padet dan penuh pas makan siang. Gw sampai duluan karena gw kira bakal makan sendiri ternyata H juga udah selesai kelasnya dan join gw makan. Gw pesen mie ayam dan tentunya teh botol dalam bentuk kotak, H pesen siomay dan bintang. Semuanya seharga CHF 40-50 an.



Beberapa hari kemudian, H yang pengen makan bakso akhirnya maksain banget nyari lagi berharap semoga ada. Ternyata ada juga, namanya Resto Sendok Garpu. Dua resto Indonesia ini sering jadi jujukan makan siang orang-orang konsulat dan dubes. Tentu saja kami ngobrol receh dengan pemilik-pemilik resto ini. Makan di sini, 2 bakso 2 teh botol 2 teh anget bayar sekitar CHF 40-60 an juga. Lupa gw.


Nah awal-awal di Genf, hotel kami berada di samping Manor. Manor my love ini semacam mall yang ada food court nyaman banget. Jam 8.30 pagi udah buka untuk orang sarapan sebelum kerja. Makanannya juga enak-enak dengan harga yang nggak semahal di restoran atau cafe. Mereka punya menu sarapan pagi dengan berbagai mini selection dan teh/kopi seharga CHF 6. Ini cukup menghemat banget dan makanannya nggak hanya croissant aja buat sarapan. Indonesians can't relate. Tapi yang sering gw pilih ya scramble egg, buah, bacon, tomat, itupun bisa kita ambil dua atau tiga piring kecil dg isi yang sama. Asal satu tray. Tapi gw juga heran sih waktu itu gw ambil dikit trus satunya di tray H eh bayarnya diitung dua. Sedangkan gw pernah ambilin punya H gw taro di tray gw eh bayarnya satu aja. Masih menjadi misteri tapi enak banget. Jus itu terpaksa gw ambil karena lagi ga fit dan dipaksa minum jus yang asem. 


Nah ini juga jadi favo kami, si roti kecil mungil mirip sus tapi nggak ada isinya. Manis permukaannya cuma CHF 0.5 aja satuannya. Paling cepet habis karena emang enteng banget rasanya dan cocok buat chit chat disambi ngopi. Kangen banget makan ini.


Manor bagian bawahnya itu groceries yang juga jual makanan siap saji. Gw sering beli ini untuk cemilan. Sausnya Thai dan enak banget. Harganya kalau nggak salah sih sekitar CHF 5 gitu. 


Indomaretnya Genf namanya Coop. Tapi ada yang gede juga hampir mirip mall malahan. Waktu H training dan harus berangkat jam 8 pagi, gw masih molor jadi gw baru turun jam 10 buat cari sarapan. FYI sarapan di hotel sana rata-rata cuma kopi/teh dan croissant dengan harga diatas CHF 20. Terlalu mahal untuk sarapan di luar dengan menu yang sama bisa dapet dibawah CHF 10. Jadi kami nggak nambah sarapan di hotel. Ini gw beli di Coop. 

Sumpah teh ini enak banget (enak banget ini tehnya rasa mirip teh Indonesia 😂) harganya CHF 1 koma sekian. Anggur yang begitu, setengah kilo cuma CHF 1,5. Karena gw suka dan murah banget jadi gw beli tiap hari 😂 Kalo pisang satu biji yang bisa CHF 3. Mixed salad ini harganya nggak sampai CHF 10. Kalau nggak salah sih sekitar CHF 6 atau 8, dengan pilihan ayam atau ikan atau pork. Kerupuknya sisa beli bakso kemaren. Krupuknya CHF 5 isi ... ah udahlah hahaha.

Sebenernya kalo koper gw muat aja gw bakal bawa balik semua makanan yg gw suka dari sana. 


Menu mussels ini makanan favo kami juga. Fine dinning di resto "mewah" sepanci gini bisa CHF 40 lebih, mau ukuran S, M, L, XL tinggal pilih. 


Kalau yang ini di Manor harganya sekitar CHF 20 dan itu enak banget dan lebih banyak daripada resto "mewah" di atas ini 😅


Nah, cheese fondue ini juga jadi favo gw. Nggak nyangka bisa jadi favo padahal awalnya kek ewwww masa keju sih. Tapi ternyata nggak eneg dan emang kejunya khusus untuk dibikin fondue. Makannya pake roti, bisa juga ditambah irisan bacon (apapun terserah pokoke daging tipis-tipis itu). Harganya untuk kaki lima di kisaran CHF belasan sampai 20an. Bisa untuk berdua. Kalau serakah ya buat sendiri sih 😏


Setelah diitung-itung rata-rata untuk makan di restoran/kafe harga per menunya untuk seorang bisa sekitar CHF 15 - 40 tergantung level kafe/restonya. Untuk yang kaki lima, per makan masih bisa dapet harga dibawah CHF 20. Kalau mau yang versi hemat yaaa beli di supermarket macem Coop, Manor begitu. Lumayan bisa hemat juga jika dikombinasikan. 

Keliatan enak nggak? Gw jadi pengen siomay sekarang 😪

Comments

  1. Penasaran dengan kerang nya!! enak bngt ga sih makan sea food gituu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endeussss bangettt nyamm hahaa

      Resepnya banyak kok, bikinnya juga gampang katanya :D

      Delete
  2. Melihat porsi sarapan di sana sungguh can't relate bagi sebagian besar orang indonesia :D
    Menarik sekali ada warung makan masakan indonesia. Jadi penawar rindu makanan indonesia.

    Ceritanya sangat menarik mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sarapan di sana sambil bayangin makan pecel pake peyek ehmmmmmmmmm hahahhaa

      terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Duuuh makannya bikin ngileeer. Baksonya seger bgt apalagi matosnya.. Uhu
    Sayangnya baca ini tangan lg diinfus jg ga bisa lgsg eksukusi jajan kaya makanan di atas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih get well soon, jaga kesehatan agar segera mampu menyantap bakso mamang2 di jalan :D

      Delete
  4. kapan ya punya kesempatan bisa kesana :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. didoakan, diusahakan, ada rejeki dan jalannya :D kalo ke sana jgn lupa makan cheese fondue hehehe

      Delete
  5. Beb, plis, jangan nyebut harga, I can't breath...

    ReplyDelete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

Menjadi dotcom

Few days ago, I wrote what I want to do on early 2017. And one thing has been done today. What is that? Tarararaaaaaaa.... silverestrella.com As I promised myself, now this blog has been upgraded to dotcom. I found a domain hosting through Mas Adhi . He wrote that when I was looking for hosting for my blog. So thank you so much, you came on right time hahaha Dibilang alay ya udahlah nggak apa-apa, yang jelas seneng akhirnya bisa upgrade jadi dotcom yeyeyeyeee

Dapet Visa UAE (Dubai) Gampang Banget

Dubai creek Beberapa waktu yang lalu, kita pusing berat karena H dapet libur kali ini cuman 10 hari. 10 hari dari yang biasanya 14 hari. Akhrinya diputuskan untuk tetap mengambil libur tapi nggak ke Indonesia.  Ternyata, beberapa hari kemudian, dia bilang, kalau liburnya malah jadi 7-8 hari aja. Mau ga mau saya yang harus kesana. Maksudnya terbang mendekatinya. Udah milih-milih negara mana yang harganya rasional, yang ga banyak makan waktu buat terbangnya H, dan tentunya ga ribet urus visa buat pemegang paspor hijau yang ga sesakti paspornya H.  Btw warna paspor Indonesia jadi biru ya sekarang?? Pilihan jatuh ke Dubai. Pemegang paspor hijau harus bikin visa, ya pusing lagi deh cara bikin visa Dubai nih gimana. Apa iya sesusah bikin visa schengen, visa US, visa lainnya. dari persyaratan sih standar ya, termasuk  record  bank account selama 3 bulan. Emang nggak pernah bikin visa Dubai sebelumnya ya, apalagi H yang paspornya super sakti kemana-mana (hampir) ga perlu visa, dia ga pernah ad

[Piknik] Segerin diri di Pantai Seger, Mandalika

Pernah denger cerita soal Putri Mandalika nggak? Kalo udah, berarti wawasannya luas. Kalo belom berarti nggak doyan baca 😋 Sini sini merapat tak ceritain singkatnya yaaaa... Konon katanya, Putri Mandalika ini orangnya cuantikk dan baek hati. Yakali yaaaa kalo putri-putri di legenda kebanyakan kayak gitu deh karakternya. Terus si putri cantik ini saking baeknya, disukai semua orang. Nah kalo udah disukai semua orang, nasibnya gimana hayo???? Ya disuruh milih suami sama bapaknya. Soalnya banyak pangeran yang mau jadi suaminya. heeemm interesting. Seandainya kita juga direbutin banyak orang kayak gitu ya hahaa gapapa ya meskipun dari belakang, gara-gara salah arah Karena ini mitos dan karena dia bijak, akhirnya dia bilang ke bapaknya kalo nggak mau milih salah satu buat dijadiin suami karena dia dan tubuhnya adalah milik orang Mandalika. Satu untuk semuaaaaaa. Jargon tipi ini mah Kemudian si putri nyemplungin dirinya ke laut. Dan bilang, 'karena aku untuk rakyatku, jad