Skip to main content

If Money Wasn't The Problem, What Would You Do?

In this extraordinary life, I would be a teacher still.  Helping people to understand even some little things to make them feel worthy and understand themselves better. It seems that teaching has become a calling for me. Not about teaching such specific subject like mathematics or so, but more like... I like to give new perspectives for people, and having them saying "Oh.... I see..." is satisfying for me. Of course, by teaching I can learn so many new perspectives from different people too. It's like the more I teach the more I learn, and that is so true. Maybe more like a guide. I like giving guidance to people who needs it. No, I don't like giving unsolicited guiding. I like to guide people who wants to be guided. I'd teach them how to love, love themselves first. Yea sure when we are talking about things, they would say "do useful things like engineering, plumbing, this and that" but they tend to forget that we need some balance in life. Not saying t

[Piknik] Menepati janji ke Bromo



Saya kembali ke Bromo, setelah beberapa bulan yang lalu mengunjunginya. Kali ini saya mengunjunginya dengan yang terkasih. Melaksanakan PR saya mengajak dia ke Bromo.Masih tetap menggunakan jeep andalan mas Rendry Putra. Seharusnya biayanya 300ribu per orang untuk tariff open trip, tapi karena saya sudah pernah pakai jasanya, jadinya dikasih harga 400ribu untuk lokal dan 800ribu untuk internasional. Kok lebih mahal? Bukan, itu cuman tariff berdua aja. Kalau tariff open trip itu untuk 5 orang. 

“Lho mas, cuman berdua aja dong ini ntar?”
“Iya mba, gapapa tak anter khusus berdua aja”
Woahh girang deh saya hehehhe

Seperti biasa, berangkat jam 12 tengah malem, posisi saya dijemput di Hotel Tugu Malang. Mas bule terpaksa bangun tidur jam 11 malem buat siap-siap ke Bromo. Masih ngantuk-ngantuk, akhirnya minta kopi dulu 2 gelas. 20menit kemudian masnya dateng dan saya baru tau kalau dia kantornya pindah agak jauhan dari Hotel Tugu. Jadinya ya agak lama. 

Jeep berangkat dari Tumpang. Jalannya yang aduhai menuju penanjakan 1 membuat si dia senewen berat. Sepanjang perjalanan dia cuman diem aja sambil menggerutu dalam hati. Sampai saya takut sebenernya ini dia marah atau kenapa ini kok diem aja, biasanya cerewet banget. Yawes lah

3 jam kemudian kami sampai di Penanjakan. Titik untuk melihat sunrise. Kami datang diurutan awal-awal. Ntah kenapa malam itu terasa dingin banget, dan dia hanya memakai kaos oblong + kemeja, tanpa jaket. Karena nggak mau kaku di sana, kami menyewa jaket seharga 20ribu disana. Menurut saya sih murah, tapi kata mas Rendry bilang masih ada yang lebih murah lagi. Kata si sayang bilang “I don’t care about the price, 20thousand rupiah is sooo cheap. I don’t want to freeze here”. Iya sih emang murah. Yawes kita sewa 2 ya sambil minum teh panas dan pop mi. laper gegara malemnya cuman makan sup aja, nggak pakai nasi. Lumayan buat ngangetin perut. Pas nge-teh juga dia bilang ‘bisa nggak kita pulang aja ntar pake helikopter gitu. Aku ogah pulang pake jeep dan nempuh jalan yang sama lagi’.

Kali ini saya agak sedikit explore kawasan BTS sampai baru tau kalau ada musola disana. Di penanjakan. Jadi jangan khawatir buat yang muslim untuk sholat subuh disana. Ada juga toilet disitu yang harganya 5ribu, yang kemaren pernah saya bilang harganya nggak masuk akal, ternyata diatas lagi ada toilet yang harganya cuman 2ribu aja. 

Satu jam kemudian kami berdua sudah memilih lokasi yang cantik buat berdiri dan ambil foto Bromo. Nggak tau kenapa ya, disana pas banyak banget orang Thailand. Jadi dingin-dingin gitu saya ngakak jadinya ngeliat orang-orang cantik ganteng trus bicara bahasa Thailand. Gatau kenapa sih mereka lucu kalo ngobrol. Dan si dia nanya kok bisa saya ngerti kalau itu bahasa Thailand, ya iyalah tau wong kupingku gampang kenal bahasa asing.
Posisi kita bener-bener posisi paling depan. Karena saya trauma dapet tempat belakang yang cuman bisa liat kepala manusia aja. Yawes didepan ya, enak banget, dan adem banget beneran deh. Jadi obatnya dipeluk sama dia hahaha enak anget. 

sejenak setelah matahari terbit. masih berkabut dan awan menggumpal 

Si dia masih senewen dan cerewet aja nanyain mana nih Bromonya, sebelah mana sih, dimana, bagus nggak sih, duh dimana sih, ini itu blablabla, saya mah cuman bilang ‘tunggu aja sayang, surprisenya baru keliatan abis sunrise’. Akhirnya setelah sunrise yaa dia bisa senyum deh. Baru bisa ngomong kalau perjuangannya yang nggak enak itu terbayarkan sudah.

Kita sempetin berhenti di bukit cinta. Katanya masnya sih namanya bukit cinta, yang jelas ambil foto banyak disini dan bagus banget kalau ambil siluet dengan latar belakang gunung Bromo. Cantik lho. 

 
view dari bukit cinta
 
btw, itu bukan gunung bromo ya. itu yang keliatan di depan itu gunung batok. gunung bromo ada di belakangnya

Setelah itu disempatkan sarapan pagi di ibuk langganannya mas Rendry. Sederhana dan enak. Kata mas Rendry ini udah kayak ibuknya sendiri. bener-bener masakannya enak dan sederhana banget. Kenyang. Makan dan milo anget hahahaha..sebelum makan kita pipis dulu. Nah toilet disini bersihhhhh banget. Padahal kayaknya harapan kosong ya kalo toilet bersih. Saya bisa bilang bersih karena ada petugas yang ngasih tisu ‘ambil tisu secukupnya mbak, tunggu dulu, antri dulu, nanti kalau sudah ada yang keluar, saya bersihkan dulu. Baru deh mbak bisa masuk. Semua orang pengen yang bersih-bersih kan mbak, saya yakin itu’. Saya cuman melongo dan mengiyakan saja. Ternyata dalamnya memang bersih banget. Layak lah. Saya nggak nyangka aja bisa sebersih itu. 

cantik nggak?

 
cuman sepuluh ribu, lima belas ribu sama minumnya. menu sederhana, tapi rasanya luar biasa. mas rendy aja juga bilang kalo mi instan paling enak dimakan di bromo. 
  
Setelah kenyang, kita berdua mulai mendaki. Saya bener-bener nggak inget kapan terakhir kali olahraga ya, naek itu krasa berat banget. Cuapek banget. Untungnya nggak banyak orang sih. Jadi masih bisa santai jalan. Pasir disana warnanya hitam karena kemarin memang sedang hujan abu, jadi seperti ada sisa-sisanya gitu. Beda banget sama tahun kemarin saya kesana. Yang jelas saya di-ece sama dia, masih muda kok nggak kuat mendaki. Baru Bromo ini, bukan Semeru. Sejenak saya mikir ‘kayaknya cancel aja deh keinginan ke Semeru’ hehhehe

   ini gunung batok ya?

Udah nyampe atas, foto sebentar deket kawahnya. Kawahnya lagi kondisi normal sih. Last time I went there, Kasada was held and so many people there. Jadi kali ini bisa agak santai. Lucu aja ngeliat orang foto-foto berkali-kali dengan pose yang sama cuman gagal karena senyumnya kurang pas. Si dia mah mana mau foto selfie berkali-kali. Anti selfie. Udah capek diatas, sekarang waktunya turun. Turun sih nggak secapek pas naik ya, tapi tetep capek. Sampe bawah minum kopi susu. Lumayan lah seger. Padahal pengen es sih, cuman kayaknya nggak masuk akal kalau mau minum es, wong botol minuman aja dingin banget.  


 
berkabut, masih berkabut
 
sehari sebelumnya hujan abu, makanya semuanya agak beda

 
kawah bromo
Yang agak sedikit mengganggu itu kuda-kuda disana. Kita jadi susah lewatnya harus berjuang biar nggak kena ciuman kuda karena mereka juga lewatnya sejalan sama kita. Kuda ini bertugas mengantar kita sampai di anak tangga menuju kawah dan sebaliknya. Jadi kalau yang males jalan bisa sewa kuda. Harga sewa kudanya 30ribu aja. Tapi rata-rata 50ribu sih. Mungkin bisa ditawar, mungkin lho ya. Tapi karena kita niat jalan jadi kita nggak tawar-tawaran kuda. Malah si dia senewen gara-gara dia udah nolak berkali-kali tapi masih aja ditawarin. Akhirnya dia bilang “No, we want camel, not horse”. Hiiii ni orang. Ya kan itu cara mereka nyari rejeki juga sayang. 

 
kudanya itu macem-macem lucu-lucu

Selanjutnya ke batu singa. Kenapa batu singa? Karena kata masnya itu batu bentuknya kayak singa. Yawes, muasin masnya buat ngambil foto kita berdua hehehe. Atau ini sebenarnya adalah pasir berbisik ya??
Lanjut perjalanannya ke apa ya namanya, itu tempat yang bisa melihat savanna dan bukit teletubies. Disitu ada pohon gede banget. Disitu dingin banget, anginnya besarrrrrrrrr tapi ya masih ada sinar matahari. Jadi kalaupun berjemur tuh nggak terlalu panas. Tapi karena jam sudah pukul 11 siang, menjemurkan diri jam segitu itu bencana. Jadi mending ngadem aja deh. Si dia malah tiduran dibawah sinar matahari. Dihhh saya udah gelap begini ya jangan dibikin gelap dong. 

 
ini lho pohon gede, yang kalo kita nangkring disana itu bisa melihat ke savana dan bukit teletubies. disini tuh anginnya gede banget. serius deh, meskipun terlihat terik tapi dingin banget. jeep merah itu yang nemenin kita kesana.

Lagi-lagi dia marah-marah karena melihat sampah disana. ‘ini kan taman nasional, kenapa sih banyak sampah disini? Kotor banget kan sayang jadinya’. Yowes lah ambil aja, trus buang ditempat sampah, jangan marahin aku. Wong aku nggak buang sampah sembarangan. Jadi tolong ya buat yang maen ke Bromo atau kemana aja ya, tolong sampahnya itu jangan dibuang sembarangan. Kalau emang nggak nemuin tempat sampah, disimpen aja lah dulu di tasnya. Kalau ada bule ke tempat wisata di Indonesia, mereka tuh koar-koar kalau liat sampah. Masa sih urusan buang sampah harus dikasih tau berkali-kali ya. Kalian juga udah pada gede pada tau dampak negatifnya buang sampah sembarangan kan. Cantik lho kalau nggak ada sampah. Beneran deh. 

Wes, jam sudah menunjukkan pukul 11 siang, harus balik ke Malang lagi karena udah nggak kuat ngantuknya. Ngantuk dan capek banget. Sampai di hotel jam 1 siang, mandi langsung tidur. Bangun-bangun udah jam 6 dan ngambil flashdisk yang isinya foto dari masnya.

 nah kalo yang ini souvenir dari Hotel Tugu. liat deh kata-katanya, mantep. You cant buy happiness but you can buy coffee. and thats pretty close.
 
*kata masnya : ntar nggak usah prewed mbak, ini aja yang dipake udah bagus*
**dokumentasi pribadi dan dok mas Rendry**
--- 

Kalau ada yang pengen booking jasa mas Rendry Putra bisa kontak  +6282233825035, atau bisa cek di IG nya Rendryputra / kaldera_adventures. Itu penyedia jasa tour travel. Puas kok, dijamin deh beneran. Saya nggak bohong, kepuasaan bagi saya nomor satu. Eh tapi standar kepuasan tiap orang beda-beda ya hehehe

Selamat berlibur dan jangan lupa  jaga kebersihan ya...

Comments

Popular posts from this blog

If Money Wasn't The Problem, What Would You Do?

In this extraordinary life, I would be a teacher still.  Helping people to understand even some little things to make them feel worthy and understand themselves better. It seems that teaching has become a calling for me. Not about teaching such specific subject like mathematics or so, but more like... I like to give new perspectives for people, and having them saying "Oh.... I see..." is satisfying for me. Of course, by teaching I can learn so many new perspectives from different people too. It's like the more I teach the more I learn, and that is so true. Maybe more like a guide. I like giving guidance to people who needs it. No, I don't like giving unsolicited guiding. I like to guide people who wants to be guided. I'd teach them how to love, love themselves first. Yea sure when we are talking about things, they would say "do useful things like engineering, plumbing, this and that" but they tend to forget that we need some balance in life. Not saying t

Gojek ke bandara juanda

While waiting, jadi mending berbagi sedikit soal gojek. Karena saya adalah pengguna setia gojek, saya pengen cobain ke bandara pake gojek. Awalnya saya kira tidak bisa *itu emang sayanya aja sih yang menduga nggak bisa*, trus tanya temen katanya bisa karena dia sering ke bandara pakai motornya. Nah berarti gojek bisa dong?? Sebelum-sebelumnya kalo naek gojek selalu bayar cash, tapi kali ini pengen cobain top up go pay. Minimum top up 10ribu. Jadi saya cobain deh 30ribu dulu. Eh ternyata lagi ada promo 50% off kalo pake go pay. Haiyaaaaa kenapa ga dari dulu aja ngisi go pay hahaha. Dari kantor ke bandara juanda sekitar 8km. Kantor saya sih daerah rungkut industri. Penasarannn banget ini abang mau lewat mana ya. Tertera di layar 22ribu, tapi karena pakai go pay diskon 50% jadinya tinggal 11ribu. Bayangin tuhh... pake bis damri aja 30ribu hahaha. 11ribu udah nyampe bandara. Biasanya 15ribu ke royal plaza dari kantor haha. Lagi untung. Bagus deh. Nah sepanjang perjalanan, saya mikir ter

Ujian hari senin

Kejadian ini terjadi tepat senin minggu lalu. Baru kali itu aku merasa 'WOW.. ini senin yeay'. Karena biasanya 'haduhh udah senen lagi'. Kebayang kan kalo seneng begitu dihari senen menyambut pagi dan hari itu rasanya langka banget. Otomatis pengennya hari itu berlangsung indah. Jam setengah 9 pagi, seperti biasa ke pantry ambil minum bareng sama temen sebangku. Dia bikin teh, aku nyuci botol sekalian ngisi dong. Seperti biasa juga, kadang aku males sih nyuci botol dengan ritual lengkapnya, akhirnya cuman bilas pake air panas. Ya mungkin nggak sampe 50 ml juga. Dikit banget deh. Temen juga selalu bersihin gitu gelasnya pake air panas. Pic source is here Eh lakok lakok... si bapak pantry yang serem itu tiba-tiba bilang 'Gak bisa ya gak nyuci botol pake air panas? Tiap sore itu banyak komplain gara-gara airnya abis'. Yakaliii air abis tinggal isi aja, ibu yang dulu aja nggak pernah ada komplain. Ya aku bilang lah ini cuman dikit, lagian yang ngelakuin ini