BERDIKARI

8:51 AM

Kau tahu kawan kepanjangan dari Berdikari?? Aku rasa, kebanyakan dari kita pasti tau itu kan??!! Yah, BERDIKARI adalah berdiri di kaki sendiri. Artinya??? Mandiri, tangguh, tidak bergantung pada orang lain. Itu yang sejak dulu di gaung-gaungkan kepada kita.

Indonesia merupakan salah satu negara yg berkembang. Kita emang sih belum menjadi negara maju seperti Eropa atau Amerika atau negara manapun lah itu. Tapi jika sedikit ditelisik nih ya, kita merdeka adalah hasil perjuangan atau hasil pemberian?! Pasti kita dengan kepala tegak akan mengatakan "Perjuangan sendiri, kerja keras kami selama ratusan tahun". Iya! Benar. Kita merdeka atas keringat dan darah seluruh warga negara. Kita berdiri di tanah merdeka ini dengan kerja keras. Patut bangga? Patut!!!

Karena merdeka dengan hasil sendiri, tidak ada negara lain yg menopang hidup kita. Kita berdiri, berjalan, dan berlari atas kemauan kita sendiri. Akibatnya apa? Akibatnya tidak akan ada negara lain yg mengurus kepentingan intern negara kita. Semuanya terserah kita bagaimana caranya menjalankan roda negara ini. Ada jatuhnya negara A misal, ya tidak akan mempengaruhi kita secara apapun. Karena kita mandiri.

Nah sekarang masalahnya, bagaimana caranya menjalankan roda negara ini? Mau dibawa kemana negara ini? Sampai saat ini, negara kita masih negara berkembang, bukan negara maju. Eitss jangan salah, negara kita termasuk salah satu anggota G20 lho. Berarti perekonomian kita udah mulai diperhitungkan tuh. Tinggal tunggu aja, kapan macan kita bangun dan mengaum bebas.

Sudah siap menjadi negara maju?? Hayoo siapkan dirimu, jangan lupa tetap junjung tinggi nilai-nilai Indonesia kita ya..

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here