Skip to main content

Mendaftar Pelatihan di Prakerja

Sanur Jadi dulu program ini diluncurkan pemerintah untuk kasih insentif orang yang di PHK atau tidak bekerja pas pandemi. Jadi ya gw tentu saja nggak punya hak tho. Sebagai orang yang nggak punya hak, ya gw nggak ikutan lah. Trus temen gw beberapa bulan lalu bilang, ikut aja soalnya ini buat yg kerja yg mau nunjang skill juga lho.  "Hah masa sih?" Yaudah pas liat oh ya bener juga, jadi gw daftar. Daftar pertama di gelombang 20 nggak lolos. Trus ya udah patah hati dah lah gausah daftar. Eh tiba-tiba minggu lalu temen gw lolos gelombang berapa gitu, lalu bilang kalau gelombang 29 udah buka. Yaudah deh ikutan aja. Eh lolos dong. Pembukaan gelombang ini termasuk cepet. Hampir tiap minggu selalu ada gelombang baru yang dibuka. Jadi daftar di gelombangnya itu selama 3 harian, pengumumannya 3 hari kemudian, lalu 3 hari kemudian udah bukaan baru. Bener-bener cepet banget. Nah temen gw yang lagi S2 nggak bisa ikutan padahal dia juga kerja sebagai pengajar. Alasannya KTP sudah terdafta

Lessons Learned in 2021

March '21. Me, during the lowest point of my life. Yes, I still smile and dead inside lol.

2021 is personally not an easy year. It's the year where I questioned my existence as a human being. I thought being a kind person was enough. 

Obviously, I felt insecure when the closest person told me how I was not special, doing less than what I could. That triggered me and I started to ask myself "What am I doing on this earth? What's my purpose as a human? What am I going to do? What do I want to do? What do I want to become? What kind of future do I want? What am I?" 

That person only became the trigger, yet the problems existed inside me. So I realized completely that it was about me, not someone else. There was something wrong with me. When I knew that the problem is me, I seek help. Lucky me (or should I say, unlucky me?), I didn't have those scary nights alone. My best friend went through the same, so we're kinda helping each other. Though the trigger was different we felt the same symptoms and side effects. 

Yea I had those questions for a few months. Oh of course I have my other problems in life, but those are the ones I can solve (relatively) easily. But questioning my existence is a different thing. It was the first time I feel scared of myself, felt insecure. How was that even possible? Part of my confidence was gone. I felt like I was standing on one of my feet. My brain felt so foggy that I couldn't see the problems. What was gone? What did I miss? I felt that there's something missing in my life suddenly. I had a hole in my life.

That until I get to know my soul. The soul that guides me to find the answers. It was like a surprise. I never let anything, anyone steer my decisions. Surprisingly, I surrender to this other soul of mine and let it take over my life. It felt good for the first time after months in a crazy situation. It felt like I have a new set of fresh eyes to see the problems and help me get out of them. To be honest, those points of view are the ones I am afraid to do, yet part of my soul tells me to do that. It didn't feel intimidating, it feels rather encouraging. 

One by one I learn to accept, let go, solve problems, prioritize, everything feels in order again after a long time. I started to feel like myself again, in a better version even. I let go of anger, I am accepting that everything happens for reasons so there's no need for me to overthink that (yet), I feel loved and showered with love, be able to shower other beings with love. That I am okay, I am doing great, and I am loved mostly by myself. 

It may sound cliché but love is really powerful. I don't hate anymore. As someone who gets annoyed pretty easily, I don't feel annoyed anymore (not that easy). Becoming more sensitive about many things let me learn about empathy. Like I said, the overflowing of love I am feeling makes me able to love my partner more, be more conscious and mindful, get the jobs done, be creative, and so on.

Learning to accept things, trust the process more, loving more, surrender... they complete the missing piece. Do I sound like saying bullshit? Maybe, if you haven't felt that yet. Everyone's journey is different, and when you feel this way, remember to stay grounded and let your soul guides you. Think of it as being reborn to be a better version. 

I am still learning and never stop learning. Evolving to be a better human is the best feeling. Moreover, being able to love yourself wholeheartedly is the key to tackling these dark nights. Sure, it's the goal so it's not an easy job to do. But it's not impossible. 

Remember, when you're feeling this way, you're not crazy. You're just going through a life (periodically) test, so when you pass the test it will take you to a higher level in life. It's definitely not easy but worth the journey.

2021 is definitely not an easy year indeed, yet it's one of the best ever. I've found my soul, the soul that is hidden somewhere inside, that guides me, that will always be there for me, that will not judge me, that will always love me. Because that soul is me.

Happy new year, everyone. Let's evolve to be a better human being. 💙

Bali, 31 December 2021. 

Comments

Popular posts from this blog

Mendaftar Pelatihan di Prakerja

Sanur Jadi dulu program ini diluncurkan pemerintah untuk kasih insentif orang yang di PHK atau tidak bekerja pas pandemi. Jadi ya gw tentu saja nggak punya hak tho. Sebagai orang yang nggak punya hak, ya gw nggak ikutan lah. Trus temen gw beberapa bulan lalu bilang, ikut aja soalnya ini buat yg kerja yg mau nunjang skill juga lho.  "Hah masa sih?" Yaudah pas liat oh ya bener juga, jadi gw daftar. Daftar pertama di gelombang 20 nggak lolos. Trus ya udah patah hati dah lah gausah daftar. Eh tiba-tiba minggu lalu temen gw lolos gelombang berapa gitu, lalu bilang kalau gelombang 29 udah buka. Yaudah deh ikutan aja. Eh lolos dong. Pembukaan gelombang ini termasuk cepet. Hampir tiap minggu selalu ada gelombang baru yang dibuka. Jadi daftar di gelombangnya itu selama 3 harian, pengumumannya 3 hari kemudian, lalu 3 hari kemudian udah bukaan baru. Bener-bener cepet banget. Nah temen gw yang lagi S2 nggak bisa ikutan padahal dia juga kerja sebagai pengajar. Alasannya KTP sudah terdafta

Book : Semakin Dalam Di Jejak Langkah

  Buku ketiga dari Buru Tetralogi ini lebih berat dari Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa . Disini banyak disinggung tentang Multatuli yang mengungkap "kotornya" birokrasi. Kotor disini tentu saja soal korupsi. Semakin dalam membaca ternyata semakin paham kalo kemungkinan besar korupsi ini "warisan budaya" kolonial. Buku ini pun mengatakan bahwa kolonial berhutang banyak gulden kepada Hindia Belanda atas semua hitungan 'meleset'nya penerimaan pajak dan penyalurannya. Siapa yang nggak mau untung banyak? Ya kolonial menang banyak. Bahkan kalau mau benar-benar dihitung, bisa jadi mereka kalah. Tapi nggak mungkin kan diusut karena kolonial tau kalau mereka bakal ketauan salah dan memungkiri itu. Jadi yaaa, lenyap begitu saja. Disini Minke kawin setelah ditinggal Annelies yang Indo dia kawin dengan yang orang tionghoa. Lagi-lagi pula dia ditinggalkan karena istrinya sakit (kemudian kawin lagi dengan Prinses yang ntah darimana tapi yang jelas dia berpendid

[Piknik] Prambanan lagi

Salah satu pesona Jawa Tengah adalah Candi Prambanan. Saya sudah 3 kali berkunjung ke situs warisan dunia ini. Candi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan jogja ini selalu menimbulkan kesan mistis bagi saya. Terletak tak jauh dari jalan raya, sehingga mengunjunginya pun sangat mudah. Berbeda dengan Candi Borobudur yang letaknya sangat jauh dari jalan raya besar.  Ok, menurut saya ada 3 cara menuju candi ini. Menggunakan bus transjogja, taksi, dan kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan transjogja, saya pernah menggunakannya berangkat dari daerah kampus UNY, daerah Depok Sleman. 1 kali transit, 2 kali berganti bus. Dengan harga transjogja yang kala itu, 2014, seharga 3500 rupiah. Tapi sampai saat ini masih sama harganya, menurut info dari teman. Lokasi shelter bis berada agak jauh dari pintu masuk lokasi candi, mungkin kira-kira 500meter sampai 1kilometer. Kalau jalan, menghabiskan waktu sekitar 15-20menit. Bisa juga naik becak untuk opsi yang lain. Lagi-lagi, jangan lupa men