Skip to main content

The Reward of Teaching

Buku belajar Bahasa Indonesia dalam berbagai bahasa. I've become a teacher since semester 9. That being said, my teaching journey started in 2013. Took hiatus for 2 something years then I came back to these exam sheets, students, books, and social interactions. Didn't even want to become one but I fell in love right after I jumped in.  I guess I need to ask to apologize to my dad. I was mad at him a long time ago because he asked me to be one lol. Well, maybe I just didn't like the idea of being a teacher in a class where your students don't even care about you telling stuff in front of the class. That actually made me realize that I prefer to teach whoever wants to learn. Although sometimes I just need to teach without knowing what's their reasons to learn, and that is also fine. I do what I had to do. That is why I hate grading because I don't mind giving them a perfect score but what's the point if they know nothing after the course ended? I never teach a

Catatan Kuliah (6) : Masuk bareng, keluar bareng (?)


Sanur

Sebagai mahasiswa yang masih belum mengenal kerasnya kehidupan kala itu, kita berikrar "Kita masuk bareng kita juga harus keluar bareng."

Naif? Iya tentu. Maklumin aja namanya juga mahasiswa baru kan. Maunya yang flawless terus. Tapi apa salahnya sih berdoa baik kali aja malaikat mengamini lol. 

Ternyata, kenyataannya, tentu saja tidak. Iya kalau semua setting nya default semua mahasiswa tidak ada kesulitan yang berarti, dosen nggak resek, mahasiswa juga nggak resek, data nggak resek, pasti lulus bareng kita. Kehidupan perkuliahan keras di akhir hahaha

Gw dari awal masuk kampus ngerasa kalo gw nggak akan lulus tepat waktu. Aneh ya, harusnya orang mikir lulus tepat waktu tapi gw udah ada feeling. Dan gw berusaha keras buat nggak terlalu jatuh dalam angka. Ya maksudnyaaaa karena gw anak minor komputasi jadi gw udah bisa tebak lah data yang gw pake pasti agak makan waktu.

Jadi range kelulusan adalah 7 semester, 8 semester, 9 semester, diatas 9 semester. Temen gw yang lulus 7 semester adalah mahasiswa yang SUPER JENIUS (dan pelit). Yang mereka pikirin ya cuma diri mereka sendiri dan jarang berbagi ilmu (nggak semua lho ya, tapi ini pake kasus gw). Skripsi mereka diluar bayangan gw dan mereka ntah gimana caranya pokoknya selesai 7 semester. Ini kalo ada temen gw yang baca, ya jangan sakit hati ya, karena emang kalian begitu 😋 tapi tenang aja kalo kalian nggak begitu yaaa kita nggak akan punya cerita. Tapi satu yang gw yakin bener, kalian kerja keras untuk selesaikan itu untuk mengejar fase selanjutnya dalam timeline kalian.

Kemudian yang lulus tepat waktu 8 semester adalah mereka yang beruntung karena tipe skripsi mereka biasanya yang lempeng-lempeng aja dan harus yang aman serta dospem nggak terlalu resek biasanya. Mereka ini tipe kalem lah.

Nah kalo ada yang 9 semester bisa jadi skripsinya lempeng tapi dosennya nggak lempeng, bisa jadi juga datanya yang nggak lempeng (kek gw yang datanya harus nunggu 2 bulanan, ancik-ancik eri kalo kata Orang Jawa). Meskipun kalau 2 bulan sebenernya juga nggak lama banget, gw aja yang males sih 😆 Program gw juga belum jadi waktu itu. 

Kalau yang skripsinya selesai diatas 9 semester itu udah pasti orang-orang pinter idealis, kalo nggak gitu orang yang malessssssssssss banget karena dosen resek. Kebanyakan sih temen-temen gw yang lulus diatas 9 semester ini orang-orangnya tipe jenius semua. Tipe yang di kelas pasti dapet A tapi males skripsi karena yang dimau dosen tak sesuai dengan mau mereka. Idealis lah biasanya. Temen deket gw ada yang begini, trus gw bilang "LU KAPAN SIH SELESE SKRIPSI KEBURU GW MINGGAT KE EROPA GAK BISA DAPET FOTO WISUDA BARENG GW LHO!!! BURUAN KELARIN". Ngancem is lyfe

Biasanya mereka sih kurang motivasi aja karena makin lama kalian selesaikan tugas, makin banyak pula tantangannya. Kendalanya sih biasanya males, data, dosen. Padahal kalo udah bisa menangani males dan data itu udah pasti gampang menangani yang faktor penghalang ketiga ini. 

Karena inget ya, skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai, bukan skripsi yang sempurna. Dan inget lagi, kapan lulusmu tidak menentukan masa depanmu. Yang menentukan masa depanmu hanyalah brain and behavior mu (beauty ini bagiannya privilege aja yang harusnya gw taro di nomer satu ya karena banyak kasus dapet kerja karena cakep ciyee). Satu lagi, soft skill nya ya, itu perlu dilatih. Good luck!

Comments

  1. Waaah samaan nih Mbak, dulu saya juga sok-sokan bilang ke temen sekelas, kalau kita masuk bareng keluar juga bareng... Tapi emang nyatanya banyak yang kehabisan bensin di tengah jalan 😆

    Itu temennya yang bisa lulus semester 7, emang pasti disiplin banget ya Mbak.. nggak terpengaruh hingar bingar kampus, bener2 tetep jalan lurus, salah satunya juga nggak nengok ke temen yang lagi kewalahan 😁
    Btw, sekarang orangnya jadi apa mbak? Udah sukses kali ya...

    Emang sebenernya skripsi cuma bagian kecil dari langkah kita ke depan ya.. nggak perlu harus sempurna, cukup selesai. Udah. Jangan terlalu idealis. Soalnya masih banyak hal besar di depan kita selepas wisuda nanti 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha nggak berkabar lagi sama yg lulus duluan sih. Kabarnya ada yg jadi pegawai kantoran, ada juga yg masih struggle meskipun jenjang pendidikannya udah S2 juga.

      Semester 5 udah bisa bertahan aja sebenernya juga udah untung-untungan sih. Karena mulai kerasa beratnya dan mulai kepisah-pisah.

      Menjadi idealis itu gapapa tapi kl sampai mengganggu proses sih mending dilunturin dikit aja. Lagian juga, idealisme skripsi itu sampai kayak gimana sih 🤣

      Delete
  2. klo saya sdah gak percaya sih dengan kata2 gitu hihihi,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaha kata2 penyemangat di semester 1. kalo udah semester 6 udah bodo amat dah haha

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

The Reward of Teaching

Buku belajar Bahasa Indonesia dalam berbagai bahasa. I've become a teacher since semester 9. That being said, my teaching journey started in 2013. Took hiatus for 2 something years then I came back to these exam sheets, students, books, and social interactions. Didn't even want to become one but I fell in love right after I jumped in.  I guess I need to ask to apologize to my dad. I was mad at him a long time ago because he asked me to be one lol. Well, maybe I just didn't like the idea of being a teacher in a class where your students don't even care about you telling stuff in front of the class. That actually made me realize that I prefer to teach whoever wants to learn. Although sometimes I just need to teach without knowing what's their reasons to learn, and that is also fine. I do what I had to do. That is why I hate grading because I don't mind giving them a perfect score but what's the point if they know nothing after the course ended? I never teach a

Dapet Visa UAE (Dubai) Gampang Banget

Dubai creek Beberapa waktu yang lalu, kita pusing berat karena H dapet libur kali ini cuman 10 hari. 10 hari dari yang biasanya 14 hari. Akhrinya diputuskan untuk tetap mengambil libur tapi nggak ke Indonesia.  Ternyata, beberapa hari kemudian, dia bilang, kalau liburnya malah jadi 7-8 hari aja. Mau ga mau saya yang harus kesana. Maksudnya terbang mendekatinya. Udah milih-milih negara mana yang harganya rasional, yang ga banyak makan waktu buat terbangnya H, dan tentunya ga ribet urus visa buat pemegang paspor hijau yang ga sesakti paspornya H.  Btw warna paspor Indonesia jadi biru ya sekarang?? Pilihan jatuh ke Dubai. Pemegang paspor hijau harus bikin visa, ya pusing lagi deh cara bikin visa Dubai nih gimana. Apa iya sesusah bikin visa schengen, visa US, visa lainnya. dari persyaratan sih standar ya, termasuk  record  bank account selama 3 bulan. Emang nggak pernah bikin visa Dubai sebelumnya ya, apalagi H yang paspornya super sakti kemana-mana (hampir) ga perlu visa, dia ga pernah ad