Skip to main content

Makanan dan Bahasa Pengobat Rindu Kampung

Soto ayam di Seleraku - DXB Gw demen banget makan atau cobain makanan baru. Sebenernya lebih ke lidah gw aja gampang nerima rasa baru dari makanan selain Indonesia. Tapi ketika jauh dari rumah, akhir-akhir ini gw sering tiba-tiba craving  makanan Indonesia. Kayak susah ditahannya aja. Apalagi waktu sebulan di sana, rasanya tiap hari pengen nangis gara-gara pengen makan sambel coba. Tempat yang kebetulan sering banget gw datengin ya Dubai. Di sana kita udah nemu satu restoran Indonesia yang rasanya Indonesia banget. Seleraku namanya. Kenapa gw bilang Indonesia banget? Cuko pempeknya nggak kalah dari Pempek Palembang asli. Bakso Malangnya, ehmmmmmm mantep! Makanan yang lainnya tentu saja nggak kalah rasanya.  Bakso Malang Kemarin, terakhir kali gw ke sana, kebetulan bareng dengan banyak orang Indonesia. Kayak mereka ngumpul-ngumpul bareng gitu. Ada yang ngerayain ulang tahun, ada yang ngerayain hal-hal kecil dalam hidup, ada yang sekedar melepas rindu kampung halaman untuk sekedar memuas

Unexpected Layover In Brunei



So, canceled our flight back from Bangkok to Denpasar with Thai Airways, then try to find other flight back with reasonable price. I remembered that I was browsing for Royal Brunei before I fly to Bangkok and the price is the cheapest one among other airlines. We can’t really say this is a budget airlines but also not as great as other airlines. It was ok, almost same like GA without movie screen. So it’s like in the middle.

We found one flight (apparently they have their own flying schedule) from Bangkok to Denpasar on 9 January (we planned to get back on 8 Jan) with layover in Brunei for 4 hours.

I read about layover in Brunei and it seems that we can see the city for 2 hours. So let me tell you, Brunei airport is small. I need less than 20 mins to get out from airplane until immigration. Literally get out to the taxi spot. The immigration staff was the friendliest for me. He asked me where to stay in Brunei because I didn’t write any and I told him that I just transit for 2 hours to see the city. He let me pass, but H need more time to pass. That guy wasn’t sure that we can make it because it seems too short but H said that he want to see little bit and back in time so he stamp H passport. 

Immigration was divided into 2 spots, for ASEAN passport holder and Non ASEAN. It get so extremely quick to pass the immigration. No lines to queue up (even when we get back to airport, we both the only one at immigration service). We were so happy no lines like in Istanbul or Bangkok or Bali. 

And we were looking for money changer. It was in departure area. Departure area is upstairs, arrival is downstairs. I think that is the only one there. Then we rent a taxi for 2 hours to take us everywhere to see the city. It cost 70 dollar Brunei. He took us to Hasanil Bolkiah mosque where it has gold on its top, Omar mosque, Grand palace (to take picture in front of the fence), night market where we ate tasty sate and hear Jaran Goyang song (dunno who is the singer), passing the new bridge, stop at city center that was the quiet place for me. Population only 400k people including expats who works there. So small.

Masjid Hasanil Bolkiah

 

 

So small city, clean, green, no pollution of course, no traffic, really nice small city. I think it even smaller than Singapore (expensive as Singapore uh).

Not everyone know about Brunei. I also didn’t expect that I would be there even for 2 hours only. We met strangers in Ubud and we told them about this, they were like ‘Where is it?’ and I said ‘A small rich country where you don’t need to pay taxes if you live there’.

 
Masjid Omar Ali

I never expected to be there. It is small country, as expensive as Singapore, but so quiet at night, like almost no attraction there. Funny thing was when we were in Omar mosque and I need to pray (maghrib), I was washing my self and don’t know where to go, I asked a guy in English and he seems doesn’t understand so I speak mixed Bahasa and Malay. He showed me, not so clear but I walked there. Then I asked another guy and he said ‘Sebelah sini nduk, lewat sini’. I said makasih then I stopped and think ‘NDUK????’ I found it only in Java lol

Oh yea the language accent is closer to Bahasa than Malay. I can understand when people talk Malay, I just don’t want to use it. And there, in Brunei, it just like talking to each other using Bahasa. During this 2 hours layover, I saw road signs and everything written in Arabic or Malay. It’s like double, like in Malang some road signs are written in Bahasa and Dutch, in Central Java written in Bahasa and Javanese (hanacaraka). So it’s quite new for me to see Arabic and Malay.

It was fun for two hours. Was amazing short tour.

Comments

Popular posts from this blog

[Piknik] Menjejakkan kaki di Bromo

Puluhan tahun hidup sebagai warga Jawa Timur, namun baru pertama kali menjejakkan kaki di Gunung Bromo. Bertepatan dengan upacara Kasada yang terjadi satu tahun sekali dan bertepatan dengan bulan purnama (semoga nggak salah kasih info), sekitar akhir bulan Juli tahun 2015.  Gunung Bromo merupakan gunung yang bertetangga dengan gunung Semeru. Jika kita pergi kesana, maka akan melihat banyak tulisan BTS -yang saya kira Behind The Scene-, ternyata adalah Bromo Tengger Semeru. Tidak hanya melihat gunung Bromo seorang, disana kita akan disajikan jejeran gunung-gunung kecil disana. Ok.. first of all mari dimulai dari berangkat ke Bromo. Menuju Bromo bisa menyetir motor sendiri, bisa juga menyewa tour dari titik keberangkatan (seperti yang saya lakukan), bisa menggunakan ojek seharga 100ribu per ojek sepuasnya, bisa menyewa jeep dari titik mula menuju Bromo (dengar-dengar sih harganya 600ribu/jeep, satu jeep bisa untuk 4-6 orang tergantung ukuran badan orangnya heheh). Jeep yang saya

Ujian hari senin

Kejadian ini terjadi tepat senin minggu lalu. Baru kali itu aku merasa 'WOW.. ini senin yeay'. Karena biasanya 'haduhh udah senen lagi'. Kebayang kan kalo seneng begitu dihari senen menyambut pagi dan hari itu rasanya langka banget. Otomatis pengennya hari itu berlangsung indah. Jam setengah 9 pagi, seperti biasa ke pantry ambil minum bareng sama temen sebangku. Dia bikin teh, aku nyuci botol sekalian ngisi dong. Seperti biasa juga, kadang aku males sih nyuci botol dengan ritual lengkapnya, akhirnya cuman bilas pake air panas. Ya mungkin nggak sampe 50 ml juga. Dikit banget deh. Temen juga selalu bersihin gitu gelasnya pake air panas. Pic source is here Eh lakok lakok... si bapak pantry yang serem itu tiba-tiba bilang 'Gak bisa ya gak nyuci botol pake air panas? Tiap sore itu banyak komplain gara-gara airnya abis'. Yakaliii air abis tinggal isi aja, ibu yang dulu aja nggak pernah ada komplain. Ya aku bilang lah ini cuman dikit, lagian yang ngelakuin ini

SUDAH (setengah) VAKSIN COVID!

Belum bisa dibilang sudah selesai sih, tapi menuju selesai. Tanggal 29 Mei gw memberanikan diri datang ke RS Surya Husadha Sanglah untuk vaksin covid pertama kali. Bukan karena gw nggak berani vaksin, bukan! Tapi gw berdoa semoga dapet jatah vaksin karena per hari kuotanya hanya 200 dosis. Gw vaksin pakai AstraZeneca dan tentunya gratis. Btw keinginan untuk vaksin ini makin gede karena temen-temen deket gw udah dapet vaksin di minggu gw dapet vaksin. Iya, gw kompetitif. Soalan vaksin aja gw kompetitif banget 😂 Jujur gw iri banget sama temen gw yang dapet vaksin duluan. Jadi yaa... 😎 Rencana gw berangkat jam setengah 8 gagal karena gw bangun jam 8 kurang seperempat 😓 Selesai mandi dll, pukul 8.15 gw berangkat ke RS. Nggak jauh RS nya cuma 8 menitan. Sesampainya di sana, kok di meja ada tulisan "Vaksin tutup" Harah mak deg . Ternyata itu cuma kertas pengumuman kalau kuota sudah terpenuhi. Ditanyain udah booking atau belum, lah gw ga nemu link booking dari kemarinan. Untungny