Dirgahayu Indonesiaku

6:32 PM


Dirgahayu Republik Indonesia ke 69.
Indonesia sudah merdeka selama 69 tahun. Kalau ini manusia, udah waktunya punya cucu atau bahkan cicit. Sudah benar-benar merdekakah kita selama ini? Sudah benar-benar menikmati kemerdekaan selama ini? Saya baru hidup selama 23 tahun, yang artinya Indonesia sudah merdeka selama 46 tahun sebelum saya lahir. Kebetulan saya lahir dibulan kemerdekaan juga, Agustus. Dan hal itu entah mengapa membuatku senang dan bangga memiliki bulan lahir sama seperti negaraku hehehe....

Aku cinta Indonesia. Kalau ada yang bertanya mengapa? Ini tanah air beta. Tempat lahir saya. Saya juga tumbuh dan berkembang disini. Banyak yang mengatakan, “Indonesia apa bagusnya? Banyak koruptor, kotor, masih banyak lah hal-hal dari sisi negatifnya”. Indonesia itu bagus kali.. sumpah deh. Yaaa kita tau masih banyak koruptor, tapi Negara udah mulai membasmi koruptor-koruptor kok. Pelan tapi pasti. Banyak hal negatif dari Negara kita? Hmmmm makanya itu sebagai generasi muda, Negara itu ada di pundak kita lho. Ini pundak, dibebani Negara, berat kagak? Berat masbro mbakbro... Indonesia kotor? Hmmm emang sih beberapa dari kita masih “hobi” membuang sampah sembarangan. Betul kagak?? Ngaku deh ngaku... makanya itu kita harus mulai buang sampah ditempatnya. Minimal, kita jaga lah ya disekitar kita. Kita mulai dari sekitar kita dulu lah. Banyak peringatan tulisannya, “JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!” bosan kali ya. Dimana-mana ada tulisan itu, karena apa? Karena kita kurang kesadaran. Ayolahhh mulai dijaga. Bukannya pamer nih ane ya, tapi kalau kagak nemuin tempat sampah, ane sakuin dulu sampahnya sampai nemu sampah.

Indonesia Negara siapa sih? Ini pertanyaan buat orang Indonesia nih. Jawabannya punya kita kan?? Kalau punya kita, harusnya kita jaga dong Negara kita. Kan punya kita sendiri yaa.. ibaratnya gini deh, kalau punya pacar biasanya kita mati-matian jaga diri kita sendiri, jaga biar kita tetep cantik cakep gitu kan ya? Ya udah anggep aja Indonesia adalah diri kita sendiri. Akhirnya kita ngerawat Negara kita kayak kita ngerawat diri kita sendiri. Makin cantik makin maju makin sukses dah.
Saya bukannya sudah bisa menjadi manusia yang baik atau orang Indonesia yang baik. Saya juga masih berusaha. Caranya? Ya itu tadi. Kita pelan-pelan berusaha menjadi warga Negara yang baik. Mulai dari yang paling kecil, karena yang paling kecil lama-lama akan menjadi besar.

Dirgahayu Indonesia yang ke 69. Jayalah Indonesia, majulah Indonesia. Merdeka! Merdeka!

#edisiKhususDirgahayuIndonesia#

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here