Proses Menikah dengan WNA dalam Diagram Sederhana

4:07 PM

Banyak pertanyaan masuk melalui email, komen blog, line, soal prosedur menikah dengan WNA. Jadi saya iseng bikin flowchart pake Ms. Visio yang udah lama nganggur ga dipakai. Jadilah bentuk sederhana yang mungkin bisa membantu untuk menyiapkan pernikahan. Dalam hal ini tentunya menikah dengan WN Belanda secara agama dan sah di mata hukum dua negara. Untuk yang beragama lain mungkin agak sama, tp detailnya bisa beda. Post ini mungkin bersambung dengan sentuhan pengalaman secara personal.


Dengan tambahan, Prenup tidak saya masukkan karena lebih baik di tulis secara terpisah. Setidaknya ada gambaran tentang proses untuk memulai persiapan menikah. Perlu dicatat juga, proses ini adalah proses yang harus dilakukan di Indonesia. Untuk proses yang dilakukan di negara pasangan, biasanya bisa lebih sederhana. 

I'll add more if it's needed.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Oooh..... begini ya proses pernikahan WNA

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini headline paling sederhana jika beruntung wkwkw

      Hapus
  2. klo beda agama itu kan legal di dua negara
    klo di Indonesianya berapa lama ya
    semoga si dia mau nikah di sini aja

    eh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl beda agama, Indonesia udah mencabut hukum nikah beda agama. jadi ya amannya kawin diluar negeri aja yg bs ngawinin scra beda agama. scr teknik sih nantinya keterangan nikahnya tinggal di legalisasi aja disini jg. tp lagi2 itu jg ada kebijakan dr negara tmpt menikah (soale thailan ga bs berlaku keterangan nikahnya diluar thai katanyaaa)

      smoga kamu kawinnya lancar deh, kl beda negara ntr aku bs bantu dengerin curhatmu akan ribetnya birokrasi negeri ini wkwkkw

      Hapus

Let me know what you think about it ~ Share it here