Jihad

4:02 PM



"Suami saya sedang jihad di Afganistan"

Bagi para pembaca yang baru membaca blog ini, dan langsung menuju tulisan judul ini, apa yang pertama kali terbayangkan oleh kalian dear readers?

Bagi para pembaca yang sering mampir, mungkin sudah tau dan mungkin hanya sedikit mengernyitkan dahi dan bertanya 'jihad? Situ sehat nulis beginian?' hahaha. Kemungkinan besar, bagi para pembaca yang baru pertama kali mampir dan membaca judul ini, apalagi dari yang golongan yang mudah terprovokasi dan berpikiran sempit, kemungkinan besar pikirannya akan menuntun ke arah 'Jihad? Bom? Teroris? Gabung ISIS?'. Uh serem


Judul tulisan kali ini mungkin sedikit menggiring opini publik (acileeeee bahasanyaaa). Masih untung nggak saya kasih judul 'Suamiku sedang berjihad' 😂



Saya tiba-tiba terlintas untuk menulis judul ini setelah bom kemarin yang terjadi di Manchester dan Jakarta. Bukan apa-apa sih, tapi sebel ya. Kenapa kata jihad digunakan untuk hal gak baek gitu. Cari deh apa arti jihad sesungguhnya. Jihad dalam hal menegakkan agama dengan cara yang baek-baek, manis, tidak dengan cara perang, pemaksaan atau membunuh warga sipil. Situ punya otak, tolong dipake dikit ya. Allah kasih otak buat kita mikir. Mau mengelak, 'Lho kan tapi harus menegakkan apa yang sesuai agama kita, yang lurus sesuai Al-Quran dan hadis'. Ya tapi kan elu nggak bisa tong, nyuruh umat lain ngikutin ajaran kita? La wong udah ada di Al-Quran disebutin, 'Agamamu, agamamu. Agamaku, agamaku'. Yang artinya kurang lebih, elu punya agama sendiri ya udah jalanin sendiri, nggak usah masuk-masuk ke agama orang laen dan maksain agama kita di fit-kan ke agama laen. Semodel gini nih misal, kalian beli jaket bulu tebel ala Finlandia sana, atau ala Irlandia, trus mau dipake di Indonesia. Mau musim hujan pun di Indonesia ga bakalan masuk tuh baju. Nggak bakalan cocok. Yang ada malah dibilang gila, panas-panas kok pake jaket tebel banget. Maksain kan.

Nah balik lagi ke jihad yang dilakukan suami saya. Daripada timbul hal-hal yang tidak diinginkan karena kalimat sebaris diatas, jadi maksud dari jihad yang dilakukan suami saya adalah bekerja untuk mencari nafkah bagi istri dan keluarga kecil kami, serta bekerja sebagai humanitarian di Afganistan sana. Kebetulan saja dia pekerjaanya seorang humanitarian di negeri konflik sana. Dia nggak ngebom kok, dia juga nggak teror siapapun. Dia kerja untuk keluarga kecil kita dan juga membantu orang-orang di daerah konflik. Bekerja untuk keluarga itu juga jihad lho gaes. Jangan salah.

So, buat kalian yang pikirannya rada sempit, plis di expand itu jaringan pikirannya biar dapet definisi lebih luas dan nggak cupet muter se RT RW aja.

Kalo kalian ngebom orang nggak bersalah, itu namanya bukan jihad tapi jahat! Apa yang kamu lakuin itu JAHAT! inspired by Cinta's way to talk to Rangga

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here