Skip to main content

Cooking and Baking Skills Unlocked

First trial banana bread baked in the rice cooker. The picture was taken at 4 PM Bali times, golden hour when sunlight passing through my window and curtain.  
During 2020 I cook and bake a lot more than I did in the previous year. A lot of people told me that I can't cook. But I know that is not right. I just had no willingness to cook. When I moved to Bali, I started to miss the familiar foods in Java. My comfort foods. Although I eat everything Balinese cuisine was not that good for me the first time I tried it. It did not really satisfy my taste buds. But I realize it was just because I ate a not tasty Balinese food back then. Told ya first impression is important for me. Now I love it.
So I start to cook a lot more at home because I can't find tasty Javanese foods here. Yes, you can, but you need the journey to find the best one. It's a fun journey where you need to try a lot of things and decide which one is matching your palate. 
Aglio Olio. I don't fancy spaghetti…

Menikahi WN Belanda di Indonesia



Minggu kemarin aku ambil cuti setengah hari. Kemana hayo?? Ke konsulat Belanda yang ada di Surabaya. Duh niat ya. Berangkat naek uber dan supir ubernya juga nggak tau dimana itu hahaha. Pak, kalo saya tau, saya bisa nyetir sendiri kali. Tapi akhirnya nyampe kok. Dan konsulatnya sepi. 

Karena baru pertama kali, begitu pula dengan bapak ubernya, kita sama-sama oon. Merasa seperti ‘beneran ini? Kok sepi sih?’, itu sepi banget. Cuman ada satpam, mbak yang bersih-bersih sama seorang staf. Apa karena kepagian ya? Jam setengah 9 buka dan aku jam 9 sudah disana. Aku kirain bakal antri eh ternyata nggak sama sekali. Cuman ada seorang yang lagi ngapain gitu, nunggu 10 menit trus giliranku datang.

Jadi aku kemaren kesana itu tanya syaratnya kawin nikah itu apa. 

Untuk menikah di Indonesia dengan WN Belanda, pertama-tama yang harus dilakukan adalah nanya ke KUA dulu syaratnya apa aja. Karena ini bisa berbeda sesuai tempat. Secara umum syarat untuk WN Belanda yang akan nikah disini sih sama : paspor, akta kelahiran dan surat keterangan status dari gemeente yang sudah dilegalisasi disana. Berapa lama waktunya? Ya tergantung sana juga. Bisa nyampe 2 minggu, bisa nyampe juga sebulan. Prosesnya gimana? Ya tanyain sono aja deh ya, kita mah gatau. Jadi amannya tanyain aja ke gemeente. Sediakan waktu yang luanggggg banget dan jauh-jauh hari sebelum nikah. Jangan kayak aku sekarang ya, sampe penghulunya aja WA mamaku nanyain kapan submit dokumen. Kayaknya penghulunya yang ngebet ngawinin deh! Eh bapak penghulu jangan lupa, kudu belajar bahasa Inggris juga buat ngawinin 😁 eh tapi ya jangan lebih dari 3 bulan sebelum hari-H sih ngurus dokumennya, keburu expired nanti.

 gambarnya jelas kan? kali aja ada yang butuh

Setelah itu, ajukan ketiga dokumen tersebut di konsulat/kedubes untuk mendapatkan CNI (Certificate of No Impediment atau gampangnya surat pengantar buat nikah. Nah setelah dapet itu, karena orang KUA nggak bisa ngerti Bahasa Belanda, ya harus di terjemahin dong ke Bahasa Indonesia ya. 99% minta surat terjemahan. Jangan lupa juga, terjemahinnya ke penerjemah tersumpah. Buat orang yang kurang paham, takutnya sekedar di kasih orang yang bisa Bahasa Belanda aja. Kan susah. Tenang aja penerjemah tersumpah ini juga bisa didapatkan di konsulat/kedubes. Jadi emang registered. Untuk saat ini rate-nya sekitar 175 ribu per halaman hasil. 

Nah sekarang kalau menikah dengan WN Belanda, di Belanda gimana? Saya saranin tanya langsung ke gemeente karena tiap gemeente itu beda-beda aturan dan maunya. Yang jelas dan pasti adalah paspor hahaha

Ada tips nih beberapa aja buat yang mau nikah sama WN Belanda terutama :

  1. Sediakan waktu yang super longgar buat jalan-jalan ke departemen terkait dengan pernikahan seperti KUA tempat kamu mau nikah, konsulat negara asal pasangan. Karena apa? Ada hal yang tidak tertulis di website. Trus lagi, perbedaan rules di tiap tempat juga berpengaruh. Bisa Tanya via email atau telpon biar lebih jelas. Jangan lupa tanyain yang detail. Aku aja udah sebulanan ini nanyain birokrasi ke semua pihak sampe puyeng ngaturnya. Dari yang mulai visa nanya VFS global, nanya kantor imigrasi, nanya konsulat, nanya kedubes, nanya notaris, semuanya ditanyain deh. Kalau mau nikah di negara asal pasangan, jangan lupa Tanya detail syaratnya apa aja disana daripada sia-sia dateng ke negera pasangan tapi syarat kurang lengkap.
  2. Make sure semuanya sesuai timeline. Dokumennya jelas nggak bisa lebih dari 3 bulan (untuk akta lahir dan persoonsregister/ket status). Jangan nikah pas dokumen udah expired ya 
  3. Nggak usah ngeyel sama pasangan siapa yang paling bener. Yang paling bener jelas cuma KUA dan gemeente. Ini gara-gara HJ ngenyel dikasih tau kalau aturannya berubah dan dapetnya nggak bisa on the spot. Pelajaran lho ini.
  4. Intinya kerja sama pasangan itu penting. Paham deh kalo mau nikah itu stress dan frustasi mikir dokumen, tapi plissss banget kerjasamanya itu penting. Kalo satu emosi, satu harus ngalah. Kalo lagi emosi dua-duanya, yaudah tinggal aja makan dulu, mandi dulu, abis mandi dan makan pasti seger dan kenyang. Ya akhirnya mah tidur kalo kekenyangan.

Yaudah lah sekian dulu ya. Nanti kalo udah kelar, share lagi disini perjuangannya gimana haha


Lagi sibuk-sibuknya urusan sama birokrasi, karena tau kan kalo birokrasi itu kita kudu jeli dan pinter biar nggak dikibulin hahaha

Comments

  1. ihir yang mau nikah, jangan lupa undangannya

    😀😀

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Aamiin, Doakan aku juga ya jeng, bisa segera ketemu Arjuna dan nikah #lah..

      Delete
    2. Lho arjuna nya bukannya udah balik ke india? Arjuna mencari cinta haha

      Delete
  3. Sy berencana menikah dg WN Belanda bulan September 2017. Tanya dong mbaksaay, pengurusan CNI di Konsulat Belanda di Bali bisakah diwakilkan, misalnya oleh saya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew mau menikah ihiiww selamaat
      Boleh kok, yg urus emg kita sih hehe

      Delete
  4. HI mba udah tinggal di NL kah?Apa masih di Indo?Boleh dong sharing soal MVV hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak aku masih ngendon di indonesia hahaha suamiku gak kerja di NL soalnye hehe

      Delete
  5. Halo.. Boleh tanya? 😊 waktu bikin CNI d konsulat, dpt ny declaration of marital status atau certificate of legal capacity to marry?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.. duh maaf balesnya lama ya.
      CNI kan surat ijin menikah mbak. yang intinya menyatakan kl calon suami ini boleh menikah krn ga ada ikatan sama siaapapun
      kalo persoonregister dapetnya dari gementee belanda :)

      Delete

Post a Comment

Share your thoughts with me here

Popular posts from this blog

[Piknik] Prambanan lagi

Salah satu pesona Jawa Tengah adalah Candi Prambanan. Saya sudah 3 kali berkunjung ke situs warisan dunia ini. Candi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan jogja ini selalu menimbulkan kesan mistis bagi saya. Terletak tak jauh dari jalan raya, sehingga mengunjunginya pun sangat mudah. Berbeda dengan Candi Borobudur yang letaknya sangat jauh dari jalan raya besar. 
Ok, menurut saya ada 3 cara menuju candi ini. Menggunakan bus transjogja, taksi, dan kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan transjogja, saya pernah menggunakannya berangkat dari daerah kampus UNY, daerah Depok Sleman. 1 kali transit, 2 kali berganti bus. Dengan harga transjogja yang kala itu, 2014, seharga 3500 rupiah. Tapi sampai saat ini masih sama harganya, menurut info dari teman. Lokasi shelter bis berada agak jauh dari pintu masuk lokasi candi, mungkin kira-kira 500meter sampai 1kilometer. Kalau jalan, menghabiskan waktu sekitar 15-20menit. Bisa juga naik becak untuk opsi yang lain. Lagi-lagi, jangan lupa menaw…

[Book] Dunia Cecilia

'apakah kalian membicarakan hal semacam itu di surga?' 'tapi kami berusaha tidak membicarakannya dekat-dekat Tuhan. ia sangat sensitif terhadap kritik'
Yap, sepenggal dialog antara Cecilia dan malaikat Ariel. Saya mengenal Jostein Gaarder sejak kuliah. Ehhhh 'mengenal' dalam artian kenal bukunya ya, kalo bisa kenal pribadi mah bisa seneng jingkrak-jingkrak hehehe. Jadi karena teman saya mendapat tugas kuliah membaca satu novel filsafat berjudul Dunia Sophie, saya jadi sedikit mengetahui si bapak Gaarder ini. Enak ya tugasnya anak sastra baca novel, tugas anak matematika ya baca sih, tapi pembuktian kalkulus -_-



Dunia Cecilia ini buku pertama Jostein Gaarder yang saya baca, karena buku Dunia Shopie sangatlah berat berdasar review teman saya. Saya sih nggak perlu baca buku itu karena teman saya sudah benar-benar mahir bercerita. Jadilah saya sudah paham bener cerita Dunia Sophie tanpa membacanya.

Novel ini atas rekomendasi teman saya, dia bilang kalau novel ini ri…

Pake Jenius

Beberapa waktu lalu sering liat counter Jenius di Matos, yang lalu kutemui pula di MOG. Anak Malang tau lah dua mall ini. Nah udah cari info sana sini ya, kok kayaknya asik gitu. Jadi memberanikan diri untuk sign up. Apakah perlu kujelaskan fitur dan fungsinya secara mendetail? Karena sudah banyak tercecer informasinya di internet. Nggak ah, gw mau bahas pengalaman gw pake kartu ini selama sebulan ini.

Sign up lah aku di counter MOG (ya gusti kejebak lagi gw pake nambah kartu-kartuan begini). Kemudian, berkatalah mbaknya "Transfer aja mbak satu juta kesini, kita lagi ada promo kalau transaksi pertama kali satu juta akan ada free kartu member starbucks dengan saldo 50ribu. Lumayan lho mbak Starbucks". Gw nggak fanatik Sbucks (cuma kalo harus beli Chai tea selalu kesini). Dan tanpa sadar pun gw transfer sejuta ke akun jenius gw. Because, why not? Lagian juga mindah duit gw sendiri ke rekening yang lain kan? Nggak ilang duit juga.

Jadilah kudapat kartu Jenius beserta k…