Setiap masa dalam hidup

6:26 AM


SMA emang masa yang ndak akan bisa dilupakan. Masa-masa remaja akhir dimana kita mulai mengenal jati diri kita yang sebenarnya, mulai berani berpikiran agak idealis tentang apapun, mungkin mulai mencoba ciuman pertamanya, atau mungkin ada juga yang baru mengenal dan merasakan pacaran pertamanya, mungkin ada juga yang berjuang demi mimpinya untuk melanjutkan kuliah di universitas ternama, ada juga yang menemukan sahabat ataupun cinta sejatinya disini, dan banyak yang lainnya. Disaat menikmati masa-masa menuju transisi selama kurun waktu 3 tahun atau bahkan kurang, kita terpaksa berhijrah ke step lanjutan. Dewasa awal. Masa kuliah, untuk yang berkuliah. Masa pencarian kerja, untuk yang tidak melanjutkan studinya. Iya. KAMPUS.

KAMPUS, step lainnya yang tak kalah menyenangkannya. 4 tahun masa dikampus, mungkin ada yang 3,5 tahun atau bahkan 4,5 tahun sepertiku. Masa-masa dimana kita benar-benar bisa melakukan apapun yang kita inginkan. Hmmm gimana ya, ibaratnya gini, kamu mau masuk kuliah apa nggak ya urusan kamu, dosen nggak akan terlalu mencampuri urusan kamu. Mau lulus 7 semester, 8, 9, atau bahkan 14 semester ya terserah kamu. Semua deadline ada ditangan kamu. Mau apa tidaknya terserah kamu. Kita juga mulai belajar tanggung jawab terhadap diri sendiri. Mulai belajar hidup jauh dari orangtua, untuk yang kuliah di luar kota sih. Mulai belajar mengatur keuangan bulanan yang dikirim orangtua biar cukup buat sebulan, kalo bisa sih malah sisa buat tabungan. Mulai banyak belajar hal baru, mulai banyak menghadapi beragam masalah dari yang terkecil sampai terberat, mulai berani memulai perjalanan lebih jauh, mulai berani mencoba hal negative maupun positif, mulai memiliki konflik percintaan yang lebih berat dari sebelumnya dan lebih serius, dan banyak hal lainnya. Meskipun tugas kuliah yang membabi buta banyak dan beratnya, masih bisa selesai pas deadline walaupun semalaman begadang, masih bisa ngakak-ngakak membagi dan mengurangi beban dengan teman sekelas atau seperjuangan. Perbincangan juga mulai mengarah kearah dewasa dan sex edu yang lebih terbuka. Seberat apapun, masih bisa tertawa ngakak, walaupun sekedar menghindari masalah untuk sekejap. Masih bisa ngerayu-ngerayu ngelobi dosen apalagi buat ngasih libur diharpitnas. Masih bisa tuh curi-curi waktu ke mall biarpun besok ujian matakuliah terberat sekalipun (sebelum sidang skripsi aja aku jalan-jalan di mall juga hehe). Ujian datang awaaaaallll banget biar dapet posisi enak dan yaahh memenuhi sebagian order dari temen laen yang datang telat seperti aku yang selalu berada di posisi tengah peredaran dan dibawah CCTV kelas. Alasannya simple, biar peredaran jawaban bisa cepat tersebar dikelas dan yang menyebarkan nggak ketangkep CCTV. Alesan macem apaaaaaannnnn itu!!!! Tapi aku trima dengan senang hati. I am a good answer sheet distributor hehehhee… hebat sekali keahlian yang dimiliki mahasiswa hahahahaha

Yahh.. itulah masa kuliah. Banyak hal yang terjadi dan memberikan pelajaran untuk hidup

SOCIETY. Kehidupan bermasyarakat yang benar-benar dialami ya disini ini. Meskipun dari awal kita lahir hidup dan berkembang ya emang di masyarakat, tapi kali ini beda. Kali ini kita bertanggung jawab terhadap banyak hal penting yang harus kita pertanggungjawabkan. Gimana ya?? Pokoknya tanggung jawabnya gede lah. Memasuki dunia kerja, tidak semudah yang dibayangkan. Sikut kanan kiri, jegal kanan kiri udah biasa. Siapa yang kuat, dia yang menang. Kasian rasanya mendengar beberapa temanku yang kerja diinstitusi yang selalu mengeluh karena beratnya kerja yang ditanggungnya, perlakuan senior yang seenaknya sendiri, belum lagi yang lain-lainnya. Miris. But that’s a life. Kuliah mengejar nilai dan kelulusan. Sedangkan kerja, memenuhi kebutuhan perut. Iyah, orang bisa berubah jahat jika bersinggungan dengan uang. Apa lagi yang bisa kuceritakan?? Aku baru saja masuk di dunia ini. Dunia baruku. Banyak tanggungan yang harus kutanggung, masalah dengan beberapa orang yang harus kuhadapi. Berdoalah, dan Tuhan akan membimbingmu.

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here