Yang penting semangatnya

2:48 PM


Menemani teman penelitian selama beberapa hari dalam 2 minggu terakhir ini aku menemukan satu orang yang khusus. Dia murid temanku ini tadi, anak cowok, perawakan normalnya anak SMP kelas 1. Nama disembunyikan hehehheheh. Dia duduk dibelakang sendiri. Berdasarkan penelitian nggak langsungku, dia terlihat seperti anak yang memiliki kapasitas otak yang pas-pasan dalam matematika. Karena dia kurang dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Tapi positifnya, dia sering bertanya. Dia bertanya terus ke aku, kalo nggak ke Sopi. Dia selalu menanyakan yang tidak dia bisa. Dalam satu kelompoknya, dia yang paling serius. Temen-temen lainnya selalu bercanda dan kurang serius tapi dia selalu membentak temannya yang rame dan menyuruhnya untuk sama-sama memperhatikanku saat menjelaskan materi. Ketika aku menjelaskan, dia benar-benar memperhatikan. Kadang emang gak bisa menjawab pancinganku, tapi dia masih berusaha dan semangat. Dan ketika dia bisa menjawab soal itu dengan benar, aku selalu mengatakan “Good job, bagus, sip, pinter,” dan dia sangat bangga ketika mendapat reward seperti itu.

Dalam kasus ini, kapasitas otak yang kurang pun nggak masalah selama dia memiliki semangat untuk mengerjakan. Dan aku memang melihat semangatnya yang lebih walaupun dia kurang. Tipe anak yang kayak gini nih yang butuh terapi khusus. Perhatian. Dia harus dituntun sampe selesai dulu. Baru setelah itu dilepas pelan-pelan.

Secara umum sih, menurutku, mereka bukannya nggak bisa materi, tapi mereka kurang bisa menyelesaikan hitungannya. Gimana ya? Secara umum mereka ngerti maksud soal, tapi masih sering ga bisa mengitung hasil akhir. Ilmu matematika dasar mereka masih kurang kuat. Tapi yaaaa… yang penting mereka menyenangkan hohohohoh….

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here