Tidak akan merubah esensimu sebagai orang yang kukenal

12:39 AM

“tenang aja, jawaban kamu nggak akan mengurangi esensi kamu sebagai orang yang aku kenal kok” kataku padanya
Dan setelah dia menjawabnya, diapun mengatakan hal yang hampir sama, “sekarang kamu, tenang aja. Jawaban kamu juga nggak akan mengurangi esensi kamu sebagai orang yang aku kenal kok. Tapi kalo aku terlalu jauh tanyanya, nggak dijawab juga nggak apa-apa kok”

Bisa dibilang satu sikap yang okelah, gentle ya.

Dari situlah, satu pernyataannya menjawab banyak pertanyaanku sebelumnya tentangnya. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul sejak pertama kali aku mengenalnya. Pertanyaan itu sekarang telah jelas dan ada jawaban atasnya. Jawaban dari dirinya. Jawaban jujur darinya. Jawaban itu membuatku belajar banyak hal. Mungkin dari sudut pandang orang lain, dia adalah orang yang nggak bener, tidak bisa tanggung jawab, kurang baik, tidak bisa diandalkan atau apalah. Menurut pandanganku, dia bukanlah orang yang sepenuhnya tidak bisa diandalkan. Iya memang aku akui, kalau membuat janji dengannya harus ada perkiraan waktu tambahan, dia juga tidak terlalu suka terlalu lama menunggu, janji dengannya harus benar2 mengerti dan bisa memahami keadaanya yg seringkali berubah di detik2 terakhir. Sulit awalnya, tapi lama kelamaan aku sudah mengetahui alurnya dan dia juga sudah mulai berubah. Istilahnya di jawa tuh “wes kenek dicekel buntut e”. Mungkin orang lain sulit menerima sikapnya yang tidak umum dan wajar. Tapi aku bisa sepenuhnya menerima dia sebagaimana apa adanya dirinya. Secara penampilan luar mungkin orang lain menganggapnya bukan orang baik, tapi penampilan dalamnya, aku bisa jamin bahwa dia orangnya baik.

Mengenalnya membuatku belajar banyak hal dan menerima banyak hal yang mungkin sulit bagi orang lain untuk menerima. Aku juga berpikir semakin dalam bahwa memang iya manusia itu unik satu sama lain. Dan jangan judge the book by its cover itu memang benar adanya.

Ayolah kita mulai merubah cara pandang yg picik dengan melihat sisi2 terbunyi dari setiap manusia. Tiap manusia itu unik kok. Percaya deh.

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here