Lahir dan berakhir di tanah air

6:27 AM


Dimana bisa ditemukan negara yang fleksibel, tanahnya yang indah, 2 musimnya yang bersahabat dan tidak ekstrim, rakyatnya ramah-ramah dan sopan-sopan, selalu mengirimkan perwakilan siswa dan mahasiswa untuk olimpiade dunia dan tak jarang membawa pulang medali emas?dimana lagi kalo bukan di Indonesia!

Dimana lagi bisa kita temukan negara yang saat ini sih, tingkat korupsinya tinggi, sistem yang terkadang masih kurang matang, warga yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin, beberapa pemimpin yang masih tidak bisa mendengar aspirasi rakyat, beberapa wakil negara yang masih saja tidur di rapat besar yang dipimpin langsung oleh Presiden? Indonesia juga masih seperti itu kawan.

Iya iya iya, sesuatu pasti memiliki sisi negatif dan positifnya. Coba diliat dari sisi positifnya. Indonesia memiliki rakyat yang ramah-ramah, kekayaan alamnya yang tak tertandingi indahnya, daerah pelosok masih menyajikan pemandangan yang masih perawan. Dimana lagi kita bisa temukan ada orang yang mengatakan kepada tetangganya yang sedang melintas didepannya, “Mau kemana? Sama siapa? Mau ngapain? Ati-ati ya”. Kadang kalo dirasain yaaaa kesannya kepo banget sihh, mau tau aja urusan orang lain. No. Bukan seperti itu terkadang. Terkadang mereka hanya masih ingin saling sapa antar tetangga. Sifat kayak gitu biarpun dibilang kepo sebenarnya masih termasuk kepedulian antar sesama.

Masih sering liat juga kalo ibu-ibu rumah tangga yang uda selese tugas rumah tangganya bakal ngerumpi ditetangga sebelah membicarakan hal-hal mulai dari keluarga, gosip terkini tetangga sekitar, artis sampai presiden. Ada itu. Seorang istri yang menunggu suaminya pulang kerja dan membuatkan kopi atau teh untuk suaminya. Ada.
Negara yang Alhamdulilah tidak ada perang disekitarnya, hidup damai di negeri sendiri. Memiliki pasukan militer yang besar bahkan tidak perlu ada wajib militer untuk warganya karena sekolah militer selalu jadi akademi yang diminati warga. Warga-warganya yang berani mati demi membela negara. Ada.

Negara yang berbudaya.

Dari semua itu, aku mikir, ayok lah kita kurangi sisi negatif dari kita. Nggak usah disebut lah udah pasti tau dan ngerasa kan kalo kita juga nggak sepenuhnya nggak pernah nyumbang sampah-sampah menyumbat di sungai, coret-coret fasilitas umum, masih aja kadang tawuran antar pelajar. Ayok deh dikurangi. Saya pribadi sih, berharap orang-orang yang berada diatas yang tercatat sebagai pimpinan melongok lah kebawah. Kami yang dibawah, Cuma rakyat biasa, nggak akan berdaya kalo yang diatas nggak liat yang bawah.

Yaaahhh... gitu gitu juga aku cinta tanah airku.
Meskipun akan mengelilingi belahan dunia yang lain, bekerja dan mungkin hidup disana, tetap saja aku lahir dan akan berakhir di tanah air. Indonesia.

You Might Also Like

0 komentar

Let me know what you think about mine ~ Share it here